Warga Balikpapan-Kalimantan Timur tentu sudah tidak asing lagi dengan Rumah Makan Torani yang menyediakan berbagai aneka menu masakan seafood ini. Ya Rumah Makan Torani yang berlokasi Jl. Jendral Sudirman No. 73 Stall Kuda Balikpapan ini berusia tujuh tahun pada 5 April mendatang. Selama tujuh tahun itu tentu sudah banyak pengunjung yang mencicipi menu masakan seafood Rumah Makan Torani, mungkinkah anda salah satu pengunjung setianya?

Baiklah bagi anda yang pernah berkunjung atau pengunjung setianya Rumah Makan Torani alangkah baiknya jika mengetahui sejarah berdirinya rumah makan ini . Hal tersebut dipandang perlu sebagai bentuk apresiasi terhadap rumah makan ini yang juga setia melayani anda sebagai pengunjungnya.

Seperti dikutip di situsnya, sejarah Rumah Makan Torani ini sebelum berdiri yaitu di awali dengan percobaan menjual ikan bandeng tanpa duri yang dilakukan pada bulan Maret 2006 silam. Saat itu pemasarannya ke seluruh rumah makan yang ada di Balikpapan. Namun sayangnya, pada saat itu tanggapan yang didapatkan kurang memuaskan yang ditandai dengan bentuk penolakan-penolakan dari rumah makan tersebut.

Waktu terus bejalan, sehinggalah pada bulan Nopember 2006, saat itu diadakan sebuah pameran ‘’Food Festival Balikpapan’’di Mall Fantasi Balikpapan. Saat itu Rumah Makan Torani ikut berpartisipasi dalam event kuliner tersebut dengan berdirinya stand ‘’Toranifood’’.
Dalam mengenalkan kulinernya, Stand Rumah Makan Torani saat itu hanya menjual ikan bandeng tanpa duri bakar dan pepes kepiting dalam bentuk kemasan (bungkusan). Hasil dari penjualan tersebut ternyata memberikan tanggapa positif, hal itu dibuktikan pada minggu ke dua event yang mana stand Toranifood akhirnya menyediakan meja dan kursi di lokasi event agar pengunjungnya dapat menikmati menu yang disediakan ditempat tanpa harus di bawa pulang seperti sebelumnya. Tentu penyediaan kursi dan meja tersebut dilakukan berdasarkan permintaan pembelinya.
Selama pameran yang hampir 5 bulan berlansung itu, jumlah pelanggan terus membanjiri stand Rumah Makan Torani. Tercatat pula rata-rata penjualan ikan bandeng tanpa duri berkisar antara 60-90 kg per malamnya. Sungguh luar biasa minat dari para pembelinya ini.

Saat pameran berakhir pada Maret 2007, stand Toranifood akhirnya pindah ke Jalan Jenderal Sudirman, Komplek Lembaga Permasyarakatan No 73, Stall Kuda Balikpapan. Saat itu, momen perubahan nama dari Toranifood menjadi Rumah Makan Torani pun dilakukan. Selanjutnya pada 5 April 2007, secara resmi Rumah Makan Torani beroperasi dengan jumlah karyawannya saat itu baru 12 orang. Sementara fasilitas yang tersedia hanya berupa 6 meja dan 3 lesehan.

Seiring dengan jumlah tamu yang terus bertambah, maka aneka menu masakan seafood pun juga disajikan. Guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, Rumah Makan Torani juga menambah yaitu sekitar 80 orang (2013). Selain itu, rumah makan ini juga membuka cabangnya di Banjarbaru, Batulicin dan Sampit loh.

Jadi bagi anda yang berada di Sampit, Batulicin dan Banjarbaru segerlah mengunjungi Rumah Makan Torani dan mentuntaskan rasa penasaran anda terhadap aneka menu seafood yang disajikan oleh rumah makan ini.


 Menu Andalan Rumah Makan Torani 

Sesuai dengan sejarah berdirinya Rumah Makan Torani yang awalnya menjual Ikan Bandeng Tanpa Duri maka tidak heran pula jikalau Ikan Bandeng Tanpa Duri ini juga menjadi menu andalan dari rumah makan ini. Tak berlebihan pula jikalau rumah makan ini menyandang gelar ‘’Spesialis Bandeng Tanpa Duri’’ kuliner Balikpapan.

Berbagai aneka menu ikan bandeng yang bisa dinikmati di rumah makan ini seperti Bandeng Goreng Krispi Kecil, Bandeng Goreng Krispi Sedang, Bandeng Bakar Kecil, Bandeng Bakar Sedang, Bandeng Bakar Besar, Bandeng Bakar Super, Bandeng Goreng Krispi Besar, Bandeng Goreng dan Bandeng Goreng Krispi Super. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp. 23.000 hingga Rp. 47.000.

Jika anda teringin menikmati aneka menu ikan bandeng atau kuliner Balikpapan lainnya, segeralah mengunjungi rumah makan torani baik itu di Balikpapan, Banjarbaru, Batulicin atau juga Sampit. Jika khawatir kehabisan tempat, anda bisa memesan tempat/reservasi melalui telepon : 0542 - 761 250 atau bisa pesan secara online di toranifood.com.

Torani juga hadir di media sosial untuk menyapa pelanggannya yaitu di twitter @RM_Torani dan juga di facebook https://www.facebook.com/toranibpn.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes SEO Kuliner Balikpapan

Share on :

4 Responses to Menapak Tilas Perjalanan Rumah Makan Torani

  1. Nantii kalo ke Balikpapan bisa dicoba nih.sukses kontesnya..

     
  2. Makasih gan :D

     
  3. Beby Rischka Says:
  4. Menggoda banget itu ikan bakarnya.. :D

     
  5. menggoda hehe, tp belum pernah coba nih

     
.......................................




Translate

PSF

PSF