Sarapan Sederhana Ini Bisa Membuat Mu Sehat Dan Cerdas
Oleh Eliyanto
Sebelum memulai aktivitas di pagi hari baik itu sekolah, kuliah atau bekerja, sahabat dianjurkan untuk sarapan dengan makanan yang memiliki nutirisi cukup untuk tubuh sahabat. Sarapan tersebut tentunya sarapan yang dapat membuat sahabat menjadi sehat dan cerdas.
Nah berikut ini beberapa sarapan yang sederhana namun bisa membuat sahabat menjadi sehat dan cerdas. Seperti apa sih sarapan sederhana tersebut? Berikut pembahasannya J

1. Telur
Telur yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau bisa menjadi sarapan yang menyehatkan bagi sahabat. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi serta asam amino yang diperlukan untuk menutrisi otak. 
Selain itu, bagian kuning pada telur juga merupakan sumber nutrisi yang mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi fungsi otak. Di dalam kuning telur tersebut terdapat kandungan kolin yang membantu mempertajam daya ingat dan memori sahabat.
Melihat manfaat yang dikandung telur ini sangat baik bagi otak, maka dengan itu sahabat dianjurkan untuk sarapan dengan telur. Sahabat bisa membuat telur rebus atau telur goreng yang dicampur dengan sayuran atau ikan teri. Sayuran sarat dengan vitamin, sedangkan ikan teri sarat dengan kalsium.

2. Ikan Teri dan Cabe Rawit
Apa yang terlintas di benak sahabat ketika melihat kata ''Ikan Teri dan Cabe Rawit''? Akankah terlintas di benak sahabat Sambal Ikan Teri?
Yupp.. Sambal Ikan Teri menjadi sarapan sederhana kedua. Sahabat bisa menambahkan kacang-kacangan, tempe atau tahu sebagai kombinasi terbaik Sambal Ikan Teri ini. Tentu sarapan sederhana ini tidak bisa sahabat anggap remeh, mengingat kandungan protein yang dimiliki juga cukup tinggi.
Misalnya Ikan Teri yang mengandung kalsium, kacang-kacangan yang banyak mengandung zat besi, tahu atau tempe yang mengandung protein hampir sama dengan kandungan protein pada telur serta cabe rawit yang mengandung zat capsaicin.
Kalsium dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi sahabat. Sementara zat besi bermanfaat bagi otak terutama membantu konsenstrasi, dan pemprosesan informasi. Sedangkan zat capsaicin pada cabe memiliki manfaat dalam membantu perkembangan otak sahabat.

3. Bayam
Sahabat bisa membuat sarapan dari sayuran bayam. Misalnya masak sayur bayam yang dicampur dengan ikan teri dan telur. Ketiga bahan tersebut tentu mudah untuk didapat dan cara memasaknya juga sederhana. Meskipun demikian, yang perlu sahabat ketahui bahwa bayam ini termasuk kategori sayuran berwarna yang kaya anti oksidan yang akan membuat sel-sel otak sahabat menjadi kuat dan sehat.
Tentu paduan yang sempurna antara ikan teri yang mengandung kalsium, telur dengan kandungan kolinnya serta bayam yang khasiatnya sudah disebutkan diatas menjadi sarapan sederhana yang disarankan untuk dinikmati oleh sahabat.

4. Sambal Mangga
Sudah pernah dengar Sambal Mangga? Kalau jawabannya belum pernah tentu hal tersebut sangat memalukan bagi sahabat. Bagaimana tidak, makan tersebut merupakan makanan khas di negeri ini loh, terutama di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.
Sarapan ini cukup sederhana dan menggunakan bahan seadanya. Cukup tambahin cabe, irisan daging buah mangga setengah matang, lalu di goreng. Rasanya? Enak dong tentunya, paduan rasa buah mangga yang setengah matang ditambah dengan cabe menjadikan rasa sarapan ini asam, manis dan pedas.
Terlepas dari rasa tersebut, yang sahabat perlu ketahui juga bahwa mangga mengandung vitamin B6 yang memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif (memori) sahabat. Selain itu juga, vitamin C yang terdapat dalam mangga ini membantu mendukung fungsi kognitif serta menjaga sistem imun tubuh sahabat agar tetap kuat.

6. Sarden
Sarapan ini juga tergolong sederhana dan cara memasaknya juga mudah. Sahabat tinggal buka penutup kaleng sarden, lalu di masak beberapa menit. Jika menginginkan variasi, sahabat bisa menambahkan tomat, daun seledri atau ikan sarden tersebut dicampur dengan tepung terigu lalu di goreng.
Nah untuk manfaat dari ikan sarden sendiri yaitu kaya dengan omega 3 yang membantu mencegah timbulnya penyakit jantung. Sedangkan selederi merupakan sumber vitamin A, zat besi, kalium dan mineral. Manfaat seledri bagi tubuh adalah dapat menurunkan tekanan darah dan kanker perut.
Sementara buah tomat banyak mengandung vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata serta menjaga daya tahan tubuh sahabat. Jadi tidak ada alasan bagi sobat untuk mengabaikan sarapan sederhana ini.

7. Kacang Hijau
Sahabat bisa menjadikan kacang hijau ini menjadi pilihan sarapan sahabat. Jika rasanya bosan dengan bubur kacang hijau yang begitu-gitu saja, sahabat bisa menambahkan susu sebagai pelengkap rasa bubur kacang sahabat. Kacang hijau ini mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak. Selain itu, kacang hijau juga dapat membantu sahabat kenyang lebih lama. Sementara susu mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan sahabat. 
Apabila sahabat memiliki susu segar, maka itu akan menjadi lebih baik pasalnya susu segar memiliki unsur alami yaitu lemak, keju dan kandungan air yang diperlukan untuk pertumbuhan dan otak sahabat. Susu segar ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan, memperbaiki penghilatan dan mencegah kelupaan. Tapi sepertinya susu segar agak susah untuk di dapat, jadi gunakan susu yang bisa dibeli di swalayan atau pasar saja.
Demikianlah sarapan sederhana yang dapat membuat sahabat menjadi sehat sekaligus cerdas, jadi jangan pernah meremehkan sarapan sederhana karena ternyata ia memiliki banyak manfaat bagi tubuh sahabat.

Rujukan
- Makanan Sehat. Sarapan Sehat Menu Simpel Bernutrisi. 2012. www.makanansehat.web.id
- Health Kompas. Makanan Bikin Otak Encer. 2012. www.health.kompas.com
-  Kapsul Pintar. Ingin Anak Cerdas Berikan Makanan-Makanan Ini. 2013. www.kapsulpintar.com
- dr. Setiyadi, Sp. A. Makanan Untuk Membantu Agar Anak Menjadi Cerdas. www.mitrakeluarga.com
- Merdeka. Berbagai Cara Mudah Mengolah Telur. 2013.  www.merdeka.com
- Rahasia Otak Jenius. Makanan Pintar dan Baik Untuk Otak. 2013. www.rahasiaotakjenius.blogspot.com


Share on :

5 Responses to Sarapan Sederhana Ini Bisa Membuat Mu Sehat Dan Cerdas

  1. Wah Bang, sarapan make sambel mangga gk sakit perut 'kan?? Soalnya ane coba make pecel lele, pedes banget... BTW udah lama gk berkunjung nih, hehe, bagaimana kabarnya??

     
  2. Setuju setuju..
    Sambal mangga apa gak bikin sakit perut yah kalo dimakan pagi pagi

     
  3. waah ternyata ada yg komentar hehehe... nyari2 kolom komentar ternyata terselip di bawah kecil sekali... hihihi

     
  4. Sambal mangga,enaaak, apalagi makan pake bawal bakaar.

     
  5. Beby Rischka Says:
  6. Bubur kacang ijo dooonk.. Paling sukaaa.. Apalagi kalo dimasaknya pake gula merah :D

     
.......................................




Translate

PSF

PSF