Tahu kah sobat muda jika kita tidak sarapan atau makan pagi, seseorang rentan akan mengalami hipoglikemia (kadar glukosa dibawah normal). Dampak dari hipoglikemia ini adalah tubuh yang gemetaran, pusing, dan sulit berkonsentrasi. Semua itu karena kekurangan glukosa yang merupakan sumber tenaga bagi otak. Glukosa memiliki peran penting yaitu ikut andil dalam mekanisme daya ingat kognitif (memori) seseorang, meskipun tidak mempengaruhi tingkat kecerdasan (intisari, 2008).
Nah dari penjelasan singkat di atas, sobat tentu dapat menarik kesimpulan bahwa sarapan memegang peranan penting dalam mengingat, menerima ilmu yang sobat muda dapatkan baik itu dari guru atau orang lain. Sehingga berpengaruh pula pada proses belajar sobat muda. B agaimana untuk menghindari hal tersebut? Jawabannya adalah sarapan dengan makanan yang sehat. Seperti apa sih makanan dan minuman sehat itu?
Makanan yang sehat memiliki nutirisi yang diperlukan oleh tubuh kita sehari-hari seperti karbohidrat (beras, terigu dll), protein (daging, susu dan, kacang-kacangan), kalsium dan zat besi ( ikan, kacang-kacangan, sayuran) serta vitamin (sayuran dan buah).
Nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein dan kalsium yang terdapat pada susu dan kacang hijau berperan sebagai sumber energi bagi otak dan tubuh. Protein misalnya membantu tubuh membentuk jaringan otak, sementara kalsium menjaga kekuatan tulang dan gigi. Sedangkan vitamin, terutama vitamin A yang terdapat pada wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan mata sobat muda.
Tentu nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh sobat muda yang masih dalam tahap belajar. Oleh karena itu sobat muda dianjurkan untuk sarapan dengan makanan yang mengandung protein dan kalsium seperti sarapan bubur kacang hijau.
Kacang hijau ini mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak. Selain itu kacang hijau juga dapat membantu sobat muda kenyang lebih lama. Sehingga dengan demikian ketika sobat muda beraktivitas terutama sedang belajar, maka sobat muda tidak akan terganggu dengan perut yang keroncongan karena sebelumnya sobat muda telah sarapan dengan bubur kacang hijau.
Akhirnya sobat muda akan lebih fokus belajar dan bisa meraih nilai yang memuaskan karena asupan nutrisi bagi tubuh sobat muda terpenuhi dengan sarapan pagi tersebut.

Rujukan
Intisari. Sarapan Menjaga Intelektualitas. 2008. www.intisari.com.
Manfaatnya Sehat. Kandungan Manfaat Kacang Hijau. 2013. http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/08/kandungan-manfaat-kacang-hijau.html.




Share on :

0 Responses to Ingin Cerdas? Jangan Sepelekan Sarapanmu!

.......................................




Translate

PSF

PSF