Perjalanan mudik tidak serasa ngeh bila tidak mengisi perut atau mampir ditempat penyedia makanan. Untuk yang mudik ke Kabupaten Sambas, banyak tempat yang bisa disinggahi untuk mengganjal perut agar tidak kelaparan ketika melakukan perjalanan jauh. Apalagi perjalanan dari Kota Pontianak menuju Kabupaten Sambas memakan waktu sekitar 8 jam. Pemudik bisa mampir di Mempawah, Sungai Duri, Singkawang, Pemangkat atau Sambas. Untuk di Singkawang bisa mampir dirumah makan depan Objek Wisata Pasir Panjang. Sedangkan untuk di Pemangkat bisa mampir ke Atik Bakso yang menyediakan Bakso Setan dan Nasi Goreng Tumpang. Tapi bagi yang tidak terlalu tahan terhadap lapar, mungkin Singkawang maupun Pemangkat terlalu jauh untuk dijadikan tempat mengisi perut. Disarankan bisa mampir di Mempawah atau Sungai Duri. Khusus di Mempawah bisa mampir pada sebuah rumah makan yang berada diarea taman mempawah.

Berbagai menu yang tersedia baik makanan maupun minuman. Satu diantaranya minuman yang tersedia adalah Es Lidah Buaya yang merupakan minuman khas Pontianak. Es lidah buaya ini sebenarnya digabungkan dengan sirup minuman dan tidak sepenuhnya terbuat dari Lidah Buaya. Hanya saja pada es tersebut dibubuhkan Lidah Buaya yang sudah direbus dan sudah dipotong kecil-kecil sehingga mudah untuk dikunyah.




Jika Es Lidah Buaya menjadi menu pilihan untuk minuman. Maka untuk mengisi perut agar kenyang bisa pesan Bakso. Bakso disini tidak mempunyai nama khusus seperti Bakso Setan di Pemangkat. Rasanya juga sama seperti bakso lainnya. Yang istimewa di rumah makan ini adalah tersedianya Es Lidah Buaya dan tempat makannya yang berada dipinggir sungai dan jauh dari jalan raya sehingga terhindar dari debu maupun asap kendaraan.



Bagi yang ingin mudik ke Sambas, bisa kiranya untuk mengunjungi rumah makan yang tersedia diberbagai kota. Baik itu di Mempawah, Singkawang, Pemangkat atau Kota Sambas.

Share on :

8 Responses to Bakso Mempawah dan Lidah Buaya

  1. Wahh seger amat yahhh. Semacam manisan yah itu lidah buayanya?

     
  2. Cerita Tugu Says:
  3. hehe ini ada lagi setan lawan buaya eh bakso setan sama lidah buaya maksudnya, aneh-aneh ya penjual kasih nama makanan biar laris

     
  4. thekupu Says:
  5. pantaslah blognye belakangan ndak muncul postingan2 baru, ruponyo yang bersangkutan lagi mudik toh..

    nyom nyomm, sodap bana nampaknye bakso n es lidah buayanye *ngecesss...

     
  6. Mamon Says:
  7. blogger ponti juga kah???

     
  8. arqu3fiq Says:
  9. Es lidah buaya? gimana rasanya...saya belum pernah coba. Di Surabaya beli dimana gak ada yang jual.

     
  10. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

     
  11. @Faizal : Kl lidah buayanya gak manis.. cuma es nya aja yang manis.. Lezaat gan

    @Cerita Tugu : bukan aneh tapi memang sudah begitu takdir namanya.. :D

    @thekupu : nyaman benaa mbak.. oye kamek ade gak ke pantai kijing..hihihihi

    @mamon : ya blogger Kalbar, bukan Ponti :D

    @arqu3fiq : Kepontianak aja gan :D

     
  12. ®obinhut Says:
  13. Pe kabar bang el ? Lamak ndak ke sitok, maseh di Ponti k ?

     
.......................................




Translate

PSF

PSF