Salam Blogger!

Kali ini postingan ane adalah tentang " Sungai Sekura, Surganya Burung Walet ", yang mana harus di ceritakan dulu lah, dimana seh Sungai Sekura itu? Dan kenapa ia bisa menjadi surganya bagi burung walet? Yuk kita simak di bawah ini :


Sungai Sekura adalah salah satu sungai yang terdapat di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat tepat nya berada Di Kecamatan Teluk Keramat.
Kecamatan Teluk Keramat yang memiliki luas wilayah 1.358,1 Km² (Sebelum ada pemekaran) dan berbatasan dengan :

1 Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Sambas dan Sejangkung
2 Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Sambas dan Laut Natuna
3 Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Sajingan Besar.
4 Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Jawai dan Kecamatan Tebas.

Luas wilayah Kecamatan Teluk Keramat 1.358,1 Km² terdiri dari :
Perkampungan 6.599 Ha,Sawah 15.547 Ha,Perkebunan 25.100 Ha, Hutan 43.250 Ha, Rawa 25.932 Ha, dan lain lain 18.202 Ha. Semula Terdiri dari 37 desa,tapi sekarang telah dimekarkan menjadi 3 Kecamatan yaitu : Kecamatan Galing , Kecamatan Tangaran, Dan Kecamatan Teluk Keramat (Sebagai Kecamatan asal).

Sungai Sekura yang Menghubungkan antara Pasar Sekura ( Desa Sekura ) dengan Desa Sepadu ( Tanjung Katat ). Yang mana Pasar Sekura adalah letak nya kegiatan perekonomian masyarakat setempat. Pasar Sekura biasanya menjadi tumpuan berbelanja dari masyarakat di Kecamatan Teluk Keramat bahkan dari Kecamatan Paloh juga berbelanja di Pasar Sekura. Sungai Sekura satu - satu nya yang menjadi jalur alternatif tranportasi , yang mana jika ingin Ke Pasar Sekura haruslah menggunakan jasa penyeberangan boat atau sampa, atau ingin ke Paloh juga harus menyeberangi sungai Sekura.
Jalur penyeberangan yang Menggunakan Feri Menuju Telok Kalong



Sementara untuk Feri biasanya di gunakan untuk Menuju Arah Kecamatan Paloh jadi di sini bisa menggunakan jasa penyeberangan feri, boat dan sampan, dan waktu yang di tempuh sekitar 10 menitan baru sampe ke Pasar Sekura atau Pasar Teluk Kalong ( arah Kecamatan Paloh ). Sementara Untuk biaya nya jika menggunakan jasa penyeberangan Boat adalah Rp.3000 Per orang jika menggunakan Sepeda Motor ( Maksud nya sepeda motor nya di masukin ke boat, karna boat ini khusus untuk menyeberangkan orang dan sepeda motor ) ,dan Seribu Rupiah perorang tanpa sepeda motor, Sementara jika menggunakan jasa penyeberangan sampan adalah Rp.7000 per orang beserta sepda motor nya, yang mana setiap sampan hanya di perbolehkan membawa 3 buah sepeda motor beserta orang nya, Dan jika menggunakan feri adalah sekitar Rp.5000 per Sepeda Motor, dan Untuk Mobil Seukuran Kijang sekitar Rp.30000 - 40000an per Mobil dan untuk Mobil berjenis Truk dan sebagai nya, sekitar Rp.50000an ke atas. Dan yang menggunakan jasa penyeberangan feri biasanya kebanyakan yang menggunakan mobil saja.

Menuju Teluk Kalong


Sampan Menuju Pasar Sekura



Adapun Sungai Sekura yang menjadi jalur perhubungan antar desa ini, memiliki daya tarik sendiri, dengan kejernihan air nya serta di pinggiran sungai Sekura ini kita semua bisa menyaksikan Surga nya Rumah Burung walet. Yang mana berdiri megah bangunan - bangunan Rumah Burung Walet. Di Samping itu juga di arah hulu sungai Sekura, masih menyimpan hutan - hutan nya yang masih tegar menghijau. Tapi di pinggiran sungai Sekura lebih banyak terdapat Rumah - Rumah burung walet yang membumbung tinggi, sehingga pantas bila ane katakan surganya bagi burung walet. Dan kebanyakan yang mengembangkan bisnis burung walet ini adalah warga keturunan tionghoa. Dan tempat yang paling banyak di pilih ya Pinggiran Sungai Sekura.
Keindahan sungai Sekura akan lebih terasa jika kita menyeberang menggunakan sampan di sore hari, yang mana kita bisa menyaksikan sunset, dan suara burung - burung walet yang mulai beranjak ketempat peraduan mereka.

Depan adalah Pasar Sekura yang juga berada di pinggiran Sungai Sekura

Untuk penggunaan jasa penyeberangan boat atau feri terbatas sampe magrib saja, setelah itu, bagi yang ingin menyeberang haruslah menggunakan sampan yang mana siap mengulurkan jasa mereka, dan untuk sampan sampe tengah malam biasanya. Namun jika di malam hari, kita tidak dapat kira nya menikmati keindahan sungai Sekura ini, terutama menikmati deretan bangunan Rumah Burung walet yang menjamur di setiap pinggiran sungai Sekura, sepertinya hal ini hanya terdapat di sungai sekura saja. Tapi sayang untuk gambar nya masih belum ane dapatkan, terutama deretan rumah burung walet yang megah berdiri di pinggiran sungai Sekura ini. Tapi jangan kuatir, karna di postingan berikut nya pasti lebih komplit dan lebih enak di hayati pastinya.


Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan


Salam Blogger!



Share on :

10 Responses to Sungai Sekura, Surganya Burung Walet

  1. warsito Says:
  2. burung walet yang sekarang ini masih jadi misteri

     
  3. kog bisa jadi Misteri gan?? Sumber Kekayaan lho..hehehhehe

     
  4. Salam sahabat dari http://dedi-news.blogspot.com/

     
  5. Uuyyeeaahh Says:
  6. Waah pasti asik tuh sore-sore nongkrong disitu,
    liat sunset sembari liat burung walet yang pulang kandang.. sekalian mandi di sungai..^_^
    photonya bagus-bagus sob.. jadi pingin kesana.. kapan yaa..?

     
  7. Wah....Boleh2 aja kesana...ntar di temani...hehehhehehehe.....

     
  8. SOBAT FOLLOW SUKSES DITUNGGU FOLLOW BALIKNYA

     
  9. Sungainya pasti bnyak ikannya....

     
  10. Banyak Ikan nya juga sob.....ada Udang Galah juga..hohoohohohoohooo

     
  11. kalo di kalsel di kabupaten kota baru masih banyak sob..
    tapi saya juga ga pernah kesana hehe

     
  12. wah...Beruntung lah kita yg di karunia alam yg indah dg sungai2 yg indah..dan harus kita jaga kebersihan nya biar tetap enak

     
.......................................




Translate

PSF

PSF