Salam Blogger!

Setelah beberapa hari tidak memposting artikel, kali ini saya menyuguhkan sesuatu untuk para blogger semuanya, menyuguhkan sesuatu yang bisa bikin para blogger Ngiler. Wah kalo udah Ngiler pastinya ya berhubungan dengan makanan lah ya? hehehe. Setelah kemarin memposting artikel tentang " 7 Hari di Idul Adha " yang postingan nya disisipkan beberapa gambar Kue Lapis yang pastinya membuat para blogger Ngiler abiiiiiiiis...hahhaha...Eiit tapi kali ini bukan tentang kue lapis lagi Melainkan sesuatu yang bersifat tradisional namun menggugah selera. Maaf cuy masih belom tobat euuy bikin orang ngiler. :D.
Nah seperti apakah yang bakalan saya suguhkan ini? yuk kita intip di bawah ini :


Asam Kerabu adalah salah satu makanan tradisional yang mana makanan ini juga terdapat di kabupaten Sambas terutama di desa Semayong. Asam adalah sejenis mangga namun bentuk nya lebih kecil dari Buah Mangga dan Kerabu ( Bahasa Sambas ) adalah suatu cara memasak asam dengan cara di potong - potong,setelah di potong - potong bentuk nya menjadi kecil kecil seperti lidi yang kemudian baru di goreng.
Beberapa buah asam yang dapat di kerabu adalah Asam Pallam ( Bahasa Sambas ), kalo bahasa Ilmiah atau indonesia nya masih belum tau neh, namun bentuk asam ini mirip sama buah mangga, tapi agak kecil ukuran nya, dan juga Asam Kadak ( Bahasa Sambas ), asam ini bentuk nya juga menyerupai Buah Mangga namun kulitnya bewarna kuning, dan kalo asam ini hanya bisa di konsumsi bila sudah benar - benar matang, berbeda sama asam Pallam yang mana buah nya yang belum masak lah yang paling enak di jadikan asam kerabu. Asam Pallam kalo sudah masak biasanya kulitnya tetap bewarna hijau namun hijau nya lebih tua ketimbang sebelum nya dan agak sedikit lembut sehingga kalo terjatuh biasanya cepat rusak.



Asam Kerabu sangat lah enak, rasanya yang asam, manis, dan pedas ini cocok di sajikan di kala waktu makan siang, untuk memasak nya lumayan mudah, hanya perlu di potong - potong kecil, di kasih cabe rawit ( biasanya lebih sering pake cabe rawit ketimbang cabe kering ), kemudian di goreng dan jangan lupa di kasih air sedikit biar sebati garam nya. Asam Kerabu ini kalo di bikin dari Buah Asam Pallam, memasak nya tidak memerlukan waktu yang lama, hanya sekitar lima menitan saja, karena kalo lama lama bisa bikin Asam nya menjadi lembek dan kurang enak untuk di santap, berbeda sama asam Kadak yang memerlukan waktu yang lumayan lama dari asam pallam, karena isi nya asam ini agak sedikit keras ketimbang asam - asam lainya.


Rasa nya yang asam - asam manis, di tambah rasa nya yang pedes menambah selera makan bagi yang sedang menyantap nya, jika lidah nya lidah orang desa, wuiih di jamin kagak bakalan mau lepas piring euy..mau nya nambah nasi terus..hahhahhaa. Apapun postingan yang singkat ini, masih belum selesai sampai di sini. Di tunggu ajah ya Episode Asam Kerabu selanjut nya (Sinetron baru neh gan ).hehehehe.
Apapun tengkyu banget dah bagi yang sudah ngebaca ini. Ntar kalo kita ketemu dan ngumpul kamu - kamu semua saya bikin kan Asam Kerabu dah...xixixiixiii

CATATAN : ASAM KERABU Ini Berdasarkan apa yang saya cicipi di lingkungan Desa saya sendiri.Jadi saya mengkategorikan ini kedalam makanan tradisional Masyrakat kami.

Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan

Salam Blogger!

Share on :

13 Responses to Asam Kerabu Sambas

  1. bagaimana rasanya ini gan
    pasti enak dan lezatuntuk disantap

     
  2. Jadi rujak dong sob hehehe.... Segeeerrrrrr

     
  3. Bayu Hidayat Says:
  4. wahhhh pengen coba gw. dimana beli nya tuh. wihh gw pengiila pedes pedes, asem asem. manga gtu. bagus buat orang ngidam kalik ya broo

     
  5. Obat Sakit : Rasa nya Asam2 manis, trus juga pedas mas..
    BKK : Beda sama rujak...kalo ini di oseng
    Bayu : gak ada jual di sana mas...hehehe..Mau? Ke Sambas ajah..ntar kita masak rame2..wkwkkwkwkwk

     
  6. asam manis aku bisa tahan gan
    tapi kalau pedas,ampun aku gan

     
  7. hahahhahaha....rasa manis, asam, pedas menjadi satu..kalo gak pedas gak enak mas...emang cocok di kasih rasa pedas lho

     
  8. salam kenal doloklah, asam kerabu sambas tu memang nyaman, rase nak ketagehan. kok dah nyantapnye be, mertue lewat ndaan ditegor. nyan dah rasenye...., he..he... bagus sob, konten yg memperkenalkan budaya daerah.

     
  9. xxrhmtzxx Says:
  10. menggugah selera. hehe..
    kunjungan perdana, salam kenal.

     
  11. makanan tradisional yang lezat ini gan
    ingin sekali mencicipi

     
  12. obinhut Says:
  13. Ase maccor dibuatnye, hmmm... pasti nyaman ye...!
    oh jak iye saknye name eng, mun saye manggelnye sambal asam ajak...

     
  14. adhie mempawah : nyaman ke? heheheh..mun nyaman minta masakan agek lah...hehehe

    xxrhmtzxx : yupp anda benar...Benar2 menggugah selera..apa lagi kalo di hidang kan di kala makan siang...Salam kenal juga buat anda

    Obinhut : hahahhahaha...maok ke..mun maok nanti di kirimek lah :D

     
  15. bikin air ludah menggenang basah
    asam
    asin
    pedes
    asiik

     
  16. Asam sadak, ye yg mangkalan nyaman..
    Salam kanal dari saiyung..

     
.......................................




Translate

PSF

PSF