Teringat Ketika masih kecil, yang bertempat tinggal di Kabupaten Sambas kala itu, anak - anak biasanya bermain Gasing, ya Gasing adalah Permainan tradisional yang sekarang ini sudah luput bahkan anak - anak sekarang tidak mengenal nya lagi. Ironis sekali, untung nya masa kanak - kanak ku masih sempat juga merasa kan permainan gasing, gasing yang terbuat dari kayu ini di bentuk bulat dan di tengah - tengah nya ada di bikin kerucut, biasanya tali nya untuk memainkan gasing ini juga terbuat dari kulit kayu. kulit kayu yang kemudian di keringkan dan di anyam sedemikian rupa.


Sekarang ini permainan Pangka' Gasing sudah asing di kalangan kanak - kanak, padahal ini adalah permainan yang turun menurun, apakah ini pertanda kemajuan teknologi mengikis zaman? Televisi lah yang berkuasa sekarang ini.


Nah Permainan gasing ini di lakukan oleh 2 orang, yang mana satu nya adalah lawan, untuk memulai permainan ini sangat mudah, tali yang telah di buat dari kulit kayu itu di lilitkan ke sisi gasing, sembari di putar, setelah di lilitkan, mulai lah gasing tersebut di pangka'kan ke tanah kemudian lawan akan memangka' gasing lawan nya, jika gasing lawan berhenti berputar atau pecah atau bahkan terlempar, maka sang lawan yang di pangka' atau gasing kita yang memangka' di nyatakan kalah.




Share on :

0 Responses to Permainan Gasing

.......................................




Translate

PSF

PSF