Salam Blogger!

Tanah Hitam merupakan salah satu desa yang terdapat di kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Ia merupakan desa yang tidak jauh dari pesisir pantai. Kecamatan Paloh ini merupakan kecamatan pantai yang berada di Kabupaten Sambas dan terletak di wilayah perbatasan dengan Negara Malaysia Timur (Serawak) dengan luas wilayah ± 1.697,30 H. Adapaun desa - desa yang terdapat di Kecamatan Paloh ini antara lain :


1. Desa Sebubus
2. Desa Nibung
3. Desa Malek
4. Desa Tanah Hitam
5. Desa Matang Danau
6. Desa Kalimantan
7. Desa Temajuk
8. Desa Mentibar

Untuk desa Tanah Hitam ini bisa di capai menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor maupun mobil. Akses jalan beraspal juga sudah tersedia untuk menjangkau desa ini. Jika perjalanan dari Pasar Sekura menuju Desa Tanah Hitam ini sekitar satu jam. Desa Tanah Hitam yang terletak dekat pesisir pantai ini ketika berada di jalan akan terdengar suara deburan ombak yang menyatu mesra dengan rintihan dedunan kelapa yang berbaris rapi menghias di sepanjang jalan. Untuk di desa Tanah Hitam ini mayoritas di huni oleh kaum tionghoa dimana terdapat juga Pasar Tanah Hitam yang menjadi tempat perekonomian masyarakat sana. Selain itu padi dan kelapa yang merupakan komoditi masyarakat sana, kacang kedelai juga menjadi komoditi handalan, kacang kedelai ini biasanya di tanam setelah musim panen padi selesai.


Sumber Gambar Di Sini

Selain sebagai penghasil komoditi kelapa serta kacang kedelai, desa Tanah Hitam ini menyajikan pemandangan pantai nya yang juga tidak kalah menarik. Sebut saja pantai Lestari dan Pantai Tanjung Harapan. Kedua pantai ini berada di satu lokasi namun di bedakan oleh arah nya saja, sebagai contoh untuk pantai Lestari ini arah nya ke arah Paloh sementara pantai Tanjung Harapan ini arah nya ke arah Simpang atau berlawanan arah dengan pantai Lestari. Dan untuk memasuki pantai Lestari ini terdapat gerbang dan pasirnya menuju pantai Lestari ini bewarna putih dan sepanjang jalan ini di hiasi oleh pohon cemara. Sementara untuk menuju pantai Tanjung Harapan ini di sepanjang jalan nya melewati pepohonan kelapa yang menjulang tinggi dan melewati beberapa pohon dengan ukuran nya yang besar.
Pada hari raya idul fitri maupun idul adha yaitu pada hari kedua atau ketiga biasanya banyak yang mengunjungi pantai Tanah Hitam, karena saat itu di adakan musik untuk menghibur rakyat, biasanya musik yang disuguhkan adalah musik dangdut dengan menghadirkan penyanyi - penyanyi dangdut asal kota Jakarta, sebut saja yang pernah hadir, Trio Macan, Nita Talia, artis KDI yang saya juga tidak tau siapa namanya, pokok nya banyak dah, kalo yang penikmat musik dangdut mungkin tau nama mereka, tapi saya kurang sreg aja dengan genre musik seperti itu (Selera Masing - Masing ).


Selain di datang kan nya artis - artis ibu kota Jakarta di setiap hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha ini, ada perayaan unik lain nya di desa Tanah Hitam ini, bukan di Desa Tanah Hitam saja sih sebenarnya, melainkan di desa Arung Parak juga perayaan ini juga ada. Perayaan itu adalah " Antar Ajong ". Antar Ajong ini adalah suatu adat istiadat masyarakat sana yaitu upacara ritual adat untuk menanam padi yang dilaksanakan setiap tahun pada masa bercocok tanam. Masyarakat setempat mempercayai, aktivitas tersebut dapat membuat tanaman padinya terhindar dari serangan hama dan penyakit. Sehingga demikian, hasil panen berlimpah untuk kemakmuran masyarakat sekampung. Sementara waktu pelaksanaan Antar Ajong ini biasanya setiap pertenggahan tahun, sekitar Juni atau Juli.


Biasanya sebelum di adakan ritual Antar Ajong ini, malam nya sebelum hari H, di adakan juga ritual - ritual lain nya yang entah apa namanya, biasanya pembacaan doa - doa dan persiapan untuk besok nya. Untuk ukuran badan perahu biasanya bervariasi dengan lebar 20 cm - 40 cm dan panjang 1,5 m - 4 m. Kain yang dibuat sebagai layarnya sering tampil dalam berbagai warna tapi lebih didominasi oleh warna putih dan kuning. Badan perahu diberi warna cat bebas dengan variasi gambar ukiran khas sambas.
Nah pada saat acara pelepasan, beberapa orang yang di tunjuk memegang perahu tersebut dan membawanya ke laut dan menghanyutkan nya. Ritual adat ini berlansung setiap satu tahun sekali. Biasanya ritual adat ini banyak menarik pengunjung dari berbagai tempat dan Antar Ajong ini merupakan ajang menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten Sambas.
Mungkin ada yang tertarik untuk menyaksikan ritual adat ini bisa datang ke Sambas, kecamatan paloh pada khususnya. Dan hanya bisa melalui kendaraan darat bukan udara.



Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan


Salam Blogger!



Share on :

14 Responses to Pantai Tanah Hitam Paloh

  1. Tarry Kitty Says:
  2. Itu do'a2nya pake bahasa jin apa do'a2nya orang islam mas eel? Xixi bhs jin ki ky apa ya?

    Kayanya menarik tp jauuuhi bhs jin ki ky apa ya?

    Kayanya menarik tp jauuuh

     
  3. Tarry Kitty Says:
  4. Waduh maap comment eror xixi

     
  5. Mas Jier Says:
  6. Wah indah sekali desanya.

    Insya Allah dengan ini bisa mengenalkan potensi daerah di sana ya mas. ternyata banyak juga ya artis yang ke sana. Kalau ditangani dengan serius pasti bisa menjadi objek wisata yang ramai dan terkenal.

     
  7. @Tari : gak tau juga doa nya doa apa.. kayak nya mantra2 gitu deh :D

    Error gak apa2 mbak... yang penting mbak tari gak error..wkwkwkwkw

    @Masjier : ya mas.. tapi kurang perhatian dari pemerintah kabupaten.... sayang jadinya

     
  8. Si Belo Says:
  9. Ikuuuuuttt donk kalo ke Pantai Tanah Item, secare di Jakarte pan pantainye udeh banyak smapah..:(

     
  10. Merliza Says:
  11. jadi objek pariwisata tuh mas kan ya ?!?! keren..

     
  12. Oh Antar Ajong, baru pertama kali denger saya sob B)

     
  13. Admin Says:
  14. Tradisi ritualnya dikomersialisasi ngga mas?
    Maklum, dibeberapa daerah(Indonesia) ritual keagamaan, adat, dan tradisi2 unik lokal, biasanya terkontaminasi oleh kpentingan Kapitalisasi Pemerintah Lokal. Sebut saja di Kalimantan Timur, Kutai Kartanegara, bnyak sekali kegiatan ritual hnya akan dilakukan jika ada moment ceremonial Pemerintah setempat guna mnarik para wisatawan

     
  15. Nyayu Amibae Says:
  16. melihat gambar posting ini, aku jadi semakin percaya Indonesia memang wajib untuk dibanggakan.. Semangat sob!! :)

     
  17. adittyaregas Says:
  18. wahh bagus juga tu kayanya pantainya...

    bayarin gue tiket ke situ donk hhe

     
  19. tanahnya ini hitam gitu gan ya
    pasti sangat subur gan

     
  20. Anonymous Says:
  21. bagus nih memperkenalkan daerah agar bisa lebih terkenal siapa tau ada investor yg mau menamkan saham memdirikan usaha disana. hehe

     
  22. Desa saye itu... Oh nyelip2 di seo google i ?? Hehehe...

     
  23. Unknown Says:
  24. pake bahasa sambas sendiri la , gambar pantai diatas tu bukan pantai tanah hitam tp pantas matang putus..... alnya tu tempat kami biasa ngumpul dan khusus pada mlm jumat (khamis malam) pantai ini akan ramai...

     
.......................................