Sebelum memasuki dunia perguruan tinggi, sebagian dari kita sudah diberikan wejengan atau nasihat untuk memilih jurusan yang benar-benar diperlukan dalam dunia kerja. Jurusan tersebut adalah jurusan yang memiliki peluang besar untuk diperlukan oleh suatu perusahaan.

Tak jarang dari kita yang terlanjur berada di satu jurusan yang dianggap ‘’kurang diminati’’ oleh perusahaan ini merasa sedikit terganggu dan terancam akan tersingkir dari ketatnya persaingan antara pencari kerja. Satu diantara jurusan yang dianggap kurang diminati oleh perusahaan atau dengan kata lain sulit untuk mendapatkan pekerjaan adalah jurusan sastra. Benarkah anggapan tersebut?

Baiklah, jurusan sastra memang satu jurusan yang kurang diminati oleh calon mahasiswa, sehingga tak banyak yang mengambil jurusan ini sebagai satu tujuan di sebuah pendidikan perguruan tinggi. Meskipun demikian, jurusan sastra ini juga tidak menutup diri dari keterampilan maupun keahlian yang diperlukan dalam dunia kerja atau tidak terfokus pada dunia sastra. Sebagai contoh, pada jurusan sastra, keahlian komputer, perkantoran, komunikasi juga diajarkan kepada mahasiswanya meskipun tidak selengkap yang ada pada jurusan lainnya. Sehingga dengan modal tersebut, diharapkan mahasiswa jurusan sastra mampu bersaing di dunia kerja dengan modal utama kesastraan yang ditunjang keterampilan lainnya seperti yang disebutkan di atas.

Meskipun pihak perguruan tinggi telah membekali mahasiswanya dengan keterampilan lain yang diluar kesastraan, namun perasaan akan tersingir dari persaingan dunia kerja tersebut masih menghantui sebagian mahasiswa. Oleh karena itu diperlukan satu solusi atau sebuah saran yang dapat dijadikan akar bagi mahasiswa jurusan sastra untuk meraih kesuksesan. Saran/solusi tersebut adalah memberikan alternatif pekerjaan lain / yang cocok untuk mahasiswa jurusan sastra.

Adapun pekerjaan yang cocok bagi mahasiswa jurusan sastra adalah sebagai berikut:

1. Penulis Novel, Cerpen, atau Buku
Sesuai jurusannya yaitu Sastra, tidaklah sulit bagi mahasiswa untuk menjdi seorang penulis novel, cerpen atau buku. Karena sebagian dari keterampilan tersebut sudah didapatkan di bangku perkuliahan. Dengan bermodalkan pendidikan yang telah didapatkan itu, ditambah pula dengan permainan imajinasi seorang mahasiswa jurusan sastra dapat menghasilkan karya tulis yang layak jual. Hal itu tentu diikuti dengan latihan menulis yang rutin untuk mengasah kemampuan otak dan tangan dalam memacu kata dan kalimat sehingga menjadi satu alur cerita yang menarik untuk di baca.

 2. Wartawan 
Untuk pekerjaan sebagai wartawan ini biasanya tidak hanya untuk jurusan Jurnalistik namun jurusan lain juga diberikan peluang untuk menjalani profesi yang berkaitan dengan dunia tulis menulis ini. Pekerjaan yang tentunya juga tidak lepas dari jurusan sastra yaitu dari segi bahasa. Untuk menjalani pekerjaan ini terutama bagi jurusan sastra tidak segampang mereka yang berasal dari jurusan jurnalistik. Namun selama mau belajar dan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak media yang merekrut tersebut, maka dalam waktu yang tidak lama anda akan bisa menjadi seorang wartawan yang professional. Jika kerja anda dinilai baik tidak menutup kemungkinan anda akan menjadi seorang Editor, Redaktur atau Pimpinan Redaksi. Menarik bukan?

3. Penerjemah 
Bagi anda yang mengambil jurusan Sastra Inggris, Jepang, Perancis atau bahasa lainnya, menjadi penerjemah adalah pekerjaan yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan salary/upah yang menggiurkan. Meskipun demikian, pekerjaan ini memerlukan seseorang yang memiliki jiwa yang kuat untuk menghadapi suatu tekanan.
Sebagai contoh, anda diberikan waktu satu bulan untuk menerjemahkan satu buku yang terdiri dari 300 halaman. Tentu itu menjadi satu tekanan, tapi ada cara lain untuk meringankan beban tersebut yaitu dengan cara meminta bantuan dari teman anda yang berasal dari jurusan sastra yang sama. Anda bisa meminta bantuannya untuk menerjemahkan sebagian isi buku dengan upah yang menurut anda layak diberikan berdasarkan hasil kerja yang dia lakukan.

4. Pemandu Wisata/Guide
Pekerjaan ini juga sangat menjanjikan terutama bagi kota yang sudah maju di bidang pariwisatanya seperti Bali, Jogjakarta, Bandung maupun kota pariwisata lainnya. Pekerjaan ini juga masih memiliki kaitan dengan jurusan sastra, karena selama perkuliahan telah diberikan mata kuliah yang berkaitan dengan wisata, serta penerapan mata kuliah tersebut pada kegiatan Praktek Lapangan Pariwisata. Selama kegiatan PPL tersebut, mahasiswa akan mempraktekan cara memandu wisatawan alam mengunjungi tempat wisata yang tentunya menggunakan bahasa yang ia telah pelajari selama di bangku perkuliahan.

5. Perhotelan
Bekerja di bidang perhotelan tidak lepas juga dari prinsip-prinsip perkantoran, bisnis, dan manajemen. Prinsip-prinsip tersebut juga sudah didapatkan mahasiswa di jurusan sastra. Sehingga tidak terlalu sulit bagi mahasiswa jurusan sastra untuk menerapkannya.

6. Wiraswasta
Berwiraswasta tidak memerlukan jurusan khusus. Mental, dana, relasi, dan promosi merupakan modal untuk keberhasilan suatu usaha. Untuk berwiraswasta, pengalaman juga menjadi salah satu faktor untuk menunjang hidup atau matinya suatu usaha. Jika anda berasal dari jurusan sastra, dapat pula memanfaatkan kesastraan anda dalam satu usaha misalnya membuka usaha percetakan buku atau novel.

Share on :

0 Responses to Benarkah Jurusan Sastra Itu Sulit Untuk Mendapatkan Pekerjaan?

.......................................




Translate

PSF

PSF