Tugu Khatulistiwa Sumber Gambar disini

Kota Pontianak mendapat gelar sebagai Kota Khatulistiwa. Gelar ini karena kota Pontianak dilalui oleh garis khatulistiwa. Selain itu, Kota Pontianak juga dikenal sebagai penghasil lidah Aloe vera atau buaya terbaik se Indonesia. Lidah Buaya ini juga menjadi minuman khas orang kota Pontianak.
Lidah Buaya
Aloe vera Center terletak di Jalan Budi Utomo Pontianak. Pertama kali didirikan pada tahun 2002 dan dibudidayakan pada tahun 1990. Tanaman Aloe vera berasal dari Kapulauan Canary, Afrika Utara. Di Yunani pada tahun 333 SM Aloe vera dikenal sebagai tanaman yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit, sedangkan di negeri Cina sebagai tanaman suci.

Es Lidah Buaya

Menurut, Kepala Dinas Pertanian Kalimantan Barat, Haizarin, lidah buaya di Kota Pontianak lebih bagus dibanding dengan provinsi atau negara lain. Pasalnya lidah buaya dapat berkembang dengan baik apabila semakin dekat dengan garis khatulistiwa. Di Kota Pontianak sendiri,lidah buaya dapat dipanen setiap dua minggu sekali. Dan rata-rata lidah buaya yang dipanen dengan ukuran yang besar. Sementara di provinsi atau negara lain, untuk panen lidah buaya hanya dapat dilakukan 4 bulan sekali. Hal ini menunjukan bahwa lidah buaya di kota Pontianak lebih unggul secara komparatif maupun kompetitif. Sehingga lidah buaya menjadi komoditas andalan Provinsi Kalimantan Barat.
Kebun Lidah Buaya di Jalan Kebangkitan Nasional

Jika Kepala Dinas Pertanian sendiri telah mengatakan akan keunggulan lidah buaya kota Pontianak, tentu kita semua ingin tau apakah benar ucapan beliau tersebut. Untuk lebih jelasnya, semua masyarakat yang berkunjung ke kota Pontianak, dapat jalan-jalan ke Aloe Vera Center di Jalan Budi Utomo. Atau langsung saja melihat kebun lidah buaya dan papaya di Jalan Kebangkitan Nasional. Lokasi kebun tidak jauh dari Jalan Budi Utomo. Dengan tersedianya jalan yang sudah diaspal dapat memudahkan untuk menelusuri kebun lidah buaya yang menjadi produk andalan Kalbar ini.

Akses menuju kebun lidah buaya

Share on :

9 Responses to Keunggulan Lidah Buaya Kota Pontianak

  1. diniehz Says:
  2. Wuih udah sampai kebun yang dalam2 ye. Kalo kame waktu itu cuman sampai di kebun lidah buaya yang di Aloe Vera Center doang.

     
  3. Woo mantaf banget :) enak kayanya minuman manisannya :)

     
  4. @dinez : kebetulan ke DKP, jadi sekalian menelusuri kebun Aloe Vera :D

    @Faizal : kudu dicoba gan :)

     
  5. arqu3fiq Says:
  6. Wah...saya belum pernah merasakan makanan yang terbuat dari lidah buaya. Gimana rasanya? pasti getir gitu menurut perkiraanku. Tentunya sehat bagi tubuh. Saya masih belum menemukan makanan yang terbuat dari lidah buaya di Surabaya.

     
  7. sudah lama pengen ngerasain makanan dari lidah buaya.. apalagi minumannya

     
  8. Momotaropnk Says:
  9. blog yg menarik,,,

     
  10. Yulia Esmet Says:
  11. baru thu klo pntianak pghsil ldh buaya terbaik pula.
    Kesehatan Ibu dan Anak

     
  12. Efri Yaldi Says:
  13. bisa menyembuhkan luka dalam, temen saya udah coba

     
  14. Agunx Agoenx Says:
  15. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

     
.......................................




Translate

PSF

PSF