Salam Blogger!

Kalimantan Barat sangat kaya dengan berbagai adat tradisi,kebudayaan maupun seninya. Perayaan-perayaan silih berganti. Perayaan Idul Fitri, Natal,Tahun Baru, Ulang Tahun Kota Pontianak, Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, Robo-robo dan sebagainya menjadi ajang promosi daerah dari segi wisata. Satu diantara perayaan yang sayang sekali bila ditingggalkan adalah perayaan Imlek dan Cap Go Meh dimana pada perayaan tersebut rugi jika tidak menyaksikan Tatung.

Foto : Tribun News


Menurut pengertian Wikipedia,Tatung dalam bahasa Hakka adalah orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur. Raga atau tubuh orang tersebut dijadikan alat komunikasi atau perantara antara roh leluhur atau dewa tersebut. Dengan menggunakan Mantra dan Mudra tertentu roh dewa dipanggil ke altar kemudian akan memasuki raga orang tersebut. Para Dewa atau roh leluhur biasa dipanggil dengan kepentingan tertentu, misalnya untuk melakukan kegiatan pengobatan atau meminta nasihat yang dipandang perlu. Kebanyakan para roh dewa dipanggil untuk kegiatan yang berhubungan kepercayaan Taoisme , antara lain pengobatan, pengusiran roh jahat, pembuatan Hu ,dan lain-lain. Setelah kegiatan yang dilakukan selesai, roh akan meninggalkan tubuh orang tersebut.

Tatung ini akan dilaksanakan pada 6 Februari di kota Singkawang yang merupakan kota Seribu Klenteng. Tatung merupakan agenda tahunan. Untuk tahun ini diperkirakan tak kurang 750 tatung akan meramaikan puncak Festival Imlek dan Cap Go Meh 2563 di Singkawang. Tatung yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali ini menyuguhkan atraksi yang mengerikan. Satu diantaranya adalah Tatung akan berdiri pada benda tajam atau menusuk bagian pipinya dengan besi sehingga tembus kebagian lainnya. Tatung yang melakukan atraksi mengerikan ini sepenuhnya dikuasai oleh roh dewa yang dipanggil sebelumnya.
Foto : Tribun Pontianak


Tatung yang digelar pada tahun 2012 ini dipusatkan dikota Singkawang. Budaya Tatung ini hanya terdapat di Indonesia yaitu di Kalimantan Barat. Selain Tatung di kota Singkawang,Kota Pontianak juga tidak mau kalah. Kota Pontianak menyuguhkan Pawai Budaya Nusantara dan perarakan Tujuh Naga juga akan meramaikan perayaan Cap Go Meh di kota Pontianak.


Salam Blogger!

Share on :

4 Responses to Tatung Di Singkawang Segera di Gelar

  1. ngeri juga liat kaya aksi kaya gituan ya... tuh klo di cabut membekas berlubang apa ga?

     
  2. Wuih, sakti tuh anak sob, kayaknya pake tenaga Chi tuh sob (kalo nggak salah, hehehe)

     
  3. ane pernah liat.. Kalau dicabut malah gak meninggalkan bekas.. ngeri.. euy.. terakhir ane liat di tempat ane pada tahun 2007 aja..skrang udah gak pernah liat tatung lagi..pengeeeeeeeeeen

     
  4. NF Says:
  5. tatung itu sepertinya harus 'berilmu' dulu deh.. kalo ga pake magis kayanya ga bisa ya?.. ngerii

     
.......................................




Translate

PSF

PSF