Salam Blogger!

Kali ini ingin membahas masakan tradisional yang terdapat di desa Semayong, masakan desa yang simple namun dapat menggugah selera makan. Apa lagi sekarang ini sedang menjalani ibadah puasa pastinya memerlukan referensi buat santapan untuk berbuka nantinya. Seperti apakah ia? mari kita lirik ke bawah saja dah :)



Gambar di atas adalah menu yang ingin di bahas. Menu tersebut adalah " Sambal Rambutan ". Pasti semua nya pada heran dan aneh akan menu kali ini bukan? tenang aja, Sambal Rambutan ini rasanya enak kok, dan cara menyajikan nya juga simple, cocok buat menu berbuka dah.
Sambal Rambutan ini sebaik nya di masak menggunakan buah rambutan yang rasanya Asam sehingga Sambal Rambutan rasanya lebih enak. Nah untuk menu yang ini sengaja di pilih dari buah rambutan yang manis atau buah rambutan yang dapat dengan mudah isi nya di lepas dari bijinya.





Rasa Sambal Rambutan ini lumayan manis, wangi dan menyelerakan. Daun kunyit yang di kombinasikan dengan daun kesum menjadikan Sambal Rambutan ini memiliki aroma yang menyelerakan. Daun seledri menjadi penambah aroma kelezatan Sambal Rambutan ini. Hanya perlu menambahkan garam dan penyedap rasa, maka Sambal Rambutan ini sudah cukup enak untuk di santap. Tapi jangan lupa bahwa Cabe atau sambal nya harus ada agar rasa nya menjadi komplit.


Cara menyajikan menu Sambal Rambutan ini cukup mudah dan bahan - bahan yang diperlukan juga mudah di dapatkan terutama jika berada di desa - desa. Bahan - bahan yang di perlukan adalah daun Seledri, daun kunyit, daun kesum, garam secukup rasa, penyedap rasa, sambal cabe,bawang merah, bawang putih, minyak goreng dan daun pisang. Cara memasak nya juga simple, cukup dengan memanaskan minyak goreng, kemudian masukan irisan bawang merah dan bawang putih, lalu masukan tumisan daun kunyit dan daun kesum, setelah itu baru dimasukan buah rambutan yang isi nya sudah di pisahkan dari bijinya. Sementara itu jangan lupa daun pisang nya di sediakan di atas piring sebagai alas untuk Sambal Rambutan yang sudah di masak. Setelah itu baru di taburi daun seledri sebagai pelengkap aromanya.


Setelah di sajikan di atas piring, maka Sambal Rambutan siap untuk di santap, jika ingin rasanya asam - asam manis, tinggal di tambahkan saja buah jeruk yang kecil. Tapi alangkah baik nya jika memasak Sambal Rambutan adalah menggunakan buah rambutan yang rasanya agak asam.
Cukup sekian postingan kali ini, serasa acara masak - memasak dah, tapi semoga saja bisa menjadikan referensi buat agan - agan semuanya. Oya masakan di atas adalah masakan saya sendiri lho :D #Pamer


Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Pecidasase


Salam Blogger!

Share on :

17 Responses to Sambal Rambutan Pecidasase

  1. Makanan unik blm pernah makan. Hehe
    Ntar dicoba a

     
  2. jalan2 kat sini yaaa

    Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia Toyota Triple Amazing Riau

     
  3. dweedy Says:
  4. Sabel rambutan?! o.O
    baru pertama kali dengar. sepertinya menarik nanti dicoba deh!

     
  5. saya nunggu buka puasa ... jadi nda sabar... sambal menggiurkan...

     
  6. Firdaus Tech Says:
  7. bisa menggoda puasa nih kayaknya mkn nya mas bro. hehehe ,., enak kyaknya hihihi

     
  8. wah saya baru tau ada sambel yang kaya begini

     
  9. salam kenal mas

     
  10. bagi bagio Says:
  11. Heemm,,,, Anda SUKSES BESAR bikin Ayas NGILER smp WARNETnya KEBANJIRAN!!!!
    Hwehehee... SAMBELnya MANTAAF!!!

     
  12. Terima kasih buat semuanya yang sudah berkunjung..... Maaf lama baru Online :)

     
  13. Putri Says:
  14. wihh, keren..
    ndak bisa IMAGINE GMNA RASANYA..

    tapi psti unik, dan menggelegar...

     
  15. Baha Andes Says:
  16. Wih rambutan bisa dimasak gituan ya...

     
  17. Nambah lagi menu makan untuk disajikan. Semoga lidah in berkenan. Trims.

    Segenap Keluarga Besar Ejawantah's Blog mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1432 H.Taqobballahu Minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

    Semoga segala amal perbuatan kita di bulan suci Ramadhan diterima disisi Allah SWT dan kembali kepada fitrahnya.

    Seiring salam dengan kerendahan hati kami berharap sudikiranya sahabat menjemput kartu ucapan dari kami di
    http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/08/kartu-lebaran-idul-fitri-1432-h-untuk.html#comments

    Sukses selalu dan salam untuk keluarga.
    Salam
    Ejawantah's Blog

     
  18. Cerita Tugu Says:
  19. yang ini aku belum pernah makan, trims infonya

     
  20. ®obinhut Says:
  21. wah di Semayong tolen nampakknye tok e...... nyam......

     
  22. Ipah Says:
  23. wooooh, keren! bisa masak ya?

    itu sambel rambutan dpt resep darimana? oke sekali buat dicoba :D

     
  24. ®obinhut Says:
  25. makannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn..........................

     
  26. met malam...wah akku suka kalo yg pedes2

     
.......................................




Translate

PSF

PSF