Salam Blogger!

Hari ini sedikit nakal dan menebar pesona, menebar aroma yang mungkin bisa bikin teman - teman kesemsem akan postingan yang satu ini. Seperti apakah aroma dan pesona yang akan di tebar itu? yukk kita telusuri perjalanan Singkat ini.


Nah, kemarin sempat posting " Asam Kerabu ", masih pada ingat gak tuh? hayo di bayangin lagi deh gimana rasanya Asam Kerabu, udah kerasa? kalo sudah yuk di lanjutin ke Jambu Kerabu berikut ini.

Jambu Kerabu ini adalah makanan tradisional di Desa Semayong, jambu yang ingin di kerabu adalah Jambu Putih, dan Jambu Merah, nah kali ini yang saya ambil adalah tentang jambu merah. Jambu Merah yang rasanya kalau sudah matang, akan terasa manis, dan warna nya berubah menjadi warna merah tua.
Jambu Merah

Jambu Merah ini bentuk nya bulat dan lebih kecil dari jambu putih. Buah nya Hijau kalau masih muda, sementara jika sudah matang warnanya dari hijau berubah menjadi merah tua dan sedikit lembut kulit nya ketimbang masih muda. Dan rasanya sedikit manis. Dan untuk membuat Jambu Kerabu ini sebaiknya di pilih jambu yang antara matang dan belum matang, sehingga ketika akan memasaknya, daging nya jambu ( daging atau kulit ya ? ) tidak lembek.
Jambu Merah yang enak di Kerabu

Cara membuat Jambu Kerabu ini sama caranya dengan membuat Asam Kerabu, hanya perlu di potong kecil - kecil dan di oseng dengan di kasih bumbu seperlunya saja, jangan lupa di kasih cabe biar rasanya lebih kerasa manis dan asam nya. Karna Jambu yang antara matang dan belum matang itu rasanya sedikit asam dan sedikit manis.

Sementara waktu untuk menghidang kan nya tidak terkendala waktu, artinya bebas kapan saja, untuk makan siang atau makan malam, bisa - bisa saja. Untuk memasak Jambu Kerabu ini sepertinya tidak perlu di jelaskan panjang lebar, cukup lima menit atau lebih saja memasaknya, namun jangan lebih dari sepuluh menit, karna nanti Jambu Kerabu nya agak kurang enak untuk di nikmati, karna lembek dan rasanya jambu nya sedikit berkurang dikarenakan minyak goreng nya yang meresap ke daging jambu tersebut.


Rasanya Jambu Kerabu yang asam - asam manis ini sangat enak di santap bersama keluarga atau sahabat andai. Dan Jambu Kerabu ini hanya dapat di nikmati di Musiman aja, karna Jambu Merah ini berbuah musiman. Jikalau Musim buah tiba ia akan berbuah, biasanya satu tahun sekali baru ia berbuah dan jikalau sudah berbuah baru bisa menikmati yang namanya Jambu Kerabu.

Semoga Teman - teman semuanya bisa menikmati Jambu Kerabu ini dan jikalau kepengen nyoba memasak nya gampang saja kog, hanya perlu di iris - iris kecil kemudian di oseng dan di kasih bumbu saja, seperti garam dan penyedap rasa, simpel dan cepat saja malahan. Sekian dulu deh postingan nya, selamat bersantap ria aja deh buat semuanya :).


Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan


Salam Blogger!

Share on :

10 Responses to Jambu Kerabu Versi Sambas

  1. Hhhmmmm... kelihatannya enak tuh gan, jadi pengen coba euy... hehehe, jadi penasaran lidahku..

    Fahri's Articles

     
  2. hmmm, belum pernah nyicipin ....

     
  3. sedjatee Says:
  4. sepertinya menarik untuk dicoba
    pasti rasanya asem-asem gitu ya Fren..

    sedj

     
  5. Jikalau Kepengen nyoba, sediain bahan2 nya aja deh.. ntar saya bikinkan... hahhahahhahaa.....

     
  6. ini yang dulu blognya "Taman sambas" bukan? maaf kalw salah..hehehe
    itu koq jadinya kyak ayam suir2...huhuh yum!

     
  7. ya anda benar... Hehehehehe... Dulu Taman Sambas, tapi ganti URL dan nama blog menjadi Pecidasase.. hehehhehe

    mirip ayam ya? heheh..tapi asli jambu kerabu kog. cuma di kasih kecap manis aja kok :)

     
  8. melly Says:
  9. sama gak namanya dgn jambu bol?
    wah kok ngeliat hasil masakannya itu enak bgt yah?

     
  10. NECKY Says:
  11. iya tuh...kalau dijakarta namanya jambu bol deh... tapi udah lamaaaaaaaaaa banget ga pernah liat orang yg jual lagi...

     
  12. jambunya itu gan lezat

     
  13. wah kalo di tempat saya jambu bol itu bewarna putih.. kalo yang ini tau nya jambu merah saja.. hehehehehe.... enak banget lho masakan ini...rasanya asam - asam manis... heheheh... jambunya emang enak, apa lagi kalo sudah matang, maniss rasanya :)

     
.......................................




Translate

PSF

PSF