Sumber Gambar Disini

Taman alun alun kapuas satu diantara tempat wisata yang ada di kota pontianak. Taman Alun-alun kapuas terletak Jalan Rahadi Usman atau di depan kantor Walikota Pontianak. Taman Alun-Alun Kapuas merupakan salah satu "open public space" yang cukup populer di kota Pontianak. Alun-Alun Kapuas ini berada dipinggir tepian Sungai Kapuas. Dengan memiliki air mancur dan replika Tugu Khatulistiwa.
Taman di Alun-Alun Kapuas
Luas Taman Alun-alun Kapuas saat ini sekitar tiga hektare. Dibangun sudah sejak zaman dulu, namun renovasi dilakukan pada tahun 1999. Saat ini pemerintah kota Pontianak terus melakukan pembenahan agar Taman Alun-Alun Kapuas dapat memberikan kenyaman bagi pengunjung. Satu diantaranya penyediaan tempat sampah, pos pengamanan dan pemasangan CCTV. Selain itu, pada taman ini para pedagang yang bukan pedagang kuliner tidak diperkenankan berjualan. Tujuan dari pelarangan tersebut agar taman dapat tertata dengan rapi dan dapat memberikan kenyaman bagi pengunjung. Karena taman ini merupakan tempat wisata keluarga dan pedagang yang berjualan khusus pedagang kuliner saja.
Tempat Duduk sekaligus pagar tanaman hias
Apabila mengunjungi taman Alun-Alun Kapuas pada sore hari, maka pengunjung dapat merasakan lembutnya hembusan angin dari Sungai Kapuas. Selain dapat menikmati terbenamnya matahari, pengunjung yang berada di taman ini juga dapat melihat aktivitas disekitar Sungai Kapuas. Seperti masyarakat yang menggunakan sampan, penyebrangan feri. Karena disebelah taman Alun-Alun Kapuas terdapat feri penyebrangan ke Pontianak Utara.

Di Taman Alun-Alun Kapuas ini juga dijadikan tempat pelaksanaan berbagai event. Seperti Lomba Meriam Karbit, Lomba Layang-Layang,Festival Budaya Bumi Khatulistiwa, dan berbagai event lainnya yang berkaitan dengan kebudayaan dan pariwisata.

Share on :

11 Responses to Taman Alun -Alun Kapuas, Taman Terindah Sejagad Raya

  1. Sumpah asri banget. Pengen gitu bisa weekend keliling nusantara tapi uang ga ada :D mungkin kalo udah ada rezeki kali :p

     
  2. Bayu Hidayat Says:
  3. asik tempat nya. banyak orang pacaran yah biasanya

     
  4. @Faizal : Semoga tercapai
    @Bayu : gak boleh pacaran.. sudah dipasang CCTV :P

     
  5. Amin.amin

     
  6. diniehz Says:
  7. Eellllll, you know what, tulisan dgn judul alun2 kapuas ni terjadwal akan terbit tanggal 11 april di blog dini aaaaa keduluan eel hihihi..

    Tapi contentnya agak sedikit beda. Di versi dini nanti fotonya beserta model2 cantik :p

     
  8. ahai... Kecoplosan postingnye hihihihiihi...

     
  9. tempatnya bersih banget yaa, ini pasti didukung sama penyediaan tempat sampah + pengunjung yang cinta hidup sehat. salut sama pemerintahnya. kalau mau kampanye, ajak aku yaa hahhaa *loh?

     
  10. Mantap, sayang lagi mendung jadi kurang cerah.. :)

     
  11. EYSurbakti Says:
  12. wew. bagus noh kayaknya ..
    kapan-kapan maen ke pontianak ah *latah
    ehehe
    salam kenal yip :D

     
  13. @atifah : tempat sampah sudah ada..Dan dengan pemasangan CCTV, para pengunjung jika membuang sampah sembarangan langsung ditegur.
    @Feby :emang lagi mendung.. Anginnya kencang banget gan
    @Ey : kapan2 maen saja ke Pontianak :) Dijamin betah :D

     
  14. paksob Says:
  15. Asyik kali ya? Kami sempatin, mumpung masih 3 hari agi liburan lebaran....

     
.......................................




Translate

PSF

PSF