Anda suka minum Es? Es apa saja yang anda paling sukai? Apapun jenisnya semuanya menjadi pilihan masing-masing. Kalau Es ini merupakan satu diantara es yang anda sukai, maka tidaklah rugi jika anda menyimak tulisan berikut ini.


Es Teler, ya Es Teler namanya. Dengan minum Es Teler anda tidak perlu kuatir akan benar-benar menjadi teler, karena justru es Teler ini tubuh anda akan mendapatkan vitamin maupun nutrisi yang terkandung didalamnya. Pasalnya bahan-bahan Es Teler ini berasal dari berbagai jenis buah-buahan. Heran kenapa dinamakan Es Teler dan kenapa tidak diberi nama Es Buah saja? mengingat bahan-bahannya notabane berasal dari buah-buahan.

Es teler adalah koktail buah di Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka dan buah-buahan lainnya disajikan dengan santan, susu kental manis, daun Pandanus amaryllifolius (biasanya dalam bentuk Sirup Cocopandan), gula dan sedikit garam.
Ramuan ini, diciptakan oleh Murniati Widjaja yang memenangkan kompetisi pada tahun 1982 untuk menghasilkan minuman nasional bagi Indonesia. (Wikipedia)

Selain bahan-bahan diatas, di Kota Pontianak Es Teler juga menggunakan buah semangka, agar-agar, melon bahkan wortel. Seperti diketahui mengkonsumsi buah-buahan juga bagus untuk kesehatan. Adapun manfaat dari buah yang terdapat pada es teler antara lain sebagai berikut :

1. Semangka
Buah yang berasal dari Afrika ini selain mengandung Senyawa asam amino sitrulin, Vitamin A, B, dan C, juga kaya akan antioksidan. Buah semangka ini bermanfaat untuk mencegah kanker prostat,dapat mengatasi kanker lambung, mempertahankan fungsi mental dan fisik para lansia, dan lain sebagainya.

2. Alpukat
Buah yang berasal dari Persia ini mengandung Fosfor, Kalsium, Zat Besi, Potasium, Vitamin A, Vitamin C dan Niacin. Alpukat juga mengandung mineral yang berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Adapun Manfaat buah Alpukat antara lain : sebagai sumber vitamin B dan E, menurunkan kolesterol darah, mencegah anemia, mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering.

3. Nangka
Buah yang berasal dari India ini mengandung Kalsium,Fosfor, Besi, Vitamin A , Vitamin B1 dan Vitamin C. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, memperkuat sistem imun, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, dan lain-lain.

Masih banyak manfaat dari buah-buahan yang terdapat pada Es Teler. Dan manfaat tersebut yang sepertinya akan membuat anda menjadi teler (sehat) :)

Share on :

12 Responses to Es Teler atau Es Buah?

  1. Wah siang2 gini enaknya emang makan ice nih. Kalo aku es apapun aku makan asalkan jangan es huruf :))

     
  2. Beuh, siang2 bahas es. Mupeng :(

     
  3. Bayu Hidayat Says:
  4. "Pasalnya" wah gw sering dengar kata kata ini di brunei. hehe
    orang borneo banyak pake pasal nya ya bro.

    uww jadi pengen makan dua dua nya

     
  5. @Faizal : Es Teler merupakan minuman asli dari Indonesia, sayang kalau sampai terlupakan.

    @Bayu : kata "pasalnya''juga digunakan oleh negara Malaysia yg menurut mereka menyatakan 'sebab' sebagai contoh "apa pasal kamu marah-marah' kalau disini pasalnya,bisa diartikan karena.

    ada yg mau tambahin?

     
  6. diniehz Says:
  7. Yesss I loovee es teler a lot. Dan barusan minum es bubur sumsum. Banyak ya jenis es khas Indonesia. Es pisang ijo, es teler, es kampel, es potong, those ices which you won't find abroad :D

     
  8. @diniez : wah nanti mau coba es bubur sumsum, es pisang ijo.. enak kayaknya tuh... : D

     
  9. wow jadi tambah haus tenggorokan nih... es buah yang bikin teler ya es teler hehehe

     
  10. Ahh kau gan, buat aku makin ngiler. Inget SD jadinya :))

     
  11. Waduh, ngilerr deh gue! xixixixi

     
  12. EYSurbakti Says:
  13. aduh, lagi musim ujan nih sob ..
    kalo lagi panas-panas enak bener dah minum beginian :D

     
  14. Cerita Tugu Says:
  15. diminum siang-siang enak end segeeer banget

     
  16. mantap kalau ada yang traktiran

     
.......................................




Translate

PSF

PSF