Salam Blogger!

" Meseum adalah Jendela Kebudayaan " slogan tersebut sangat pas terhadap Museum Kalbar yang terletak di Jalan A. Yani Pontianak. Museum yang mempamerkan berbagai budaya yang ada di Kalbar ini sangat cocok buat semua masyarakat yang ingin mengenal kebudayaan yang ada di Kalbar. Museum Kalbar memuat kebudayaan penduduk asli yaitu Dayak Dan Melayu. Namun untuk penduduk pendatang juga dipamerkan kebudayaannya seperti budaya Tionghoa.



Satu diantara budaya penduduk asli Kalbar dari Dayak adalah Perahu Tambe yaitu perahu hias yang digunakan suku dayak di Kapuas Hulu. Perahu tersebut digunakan pada acara adat baik itu pesta gawai maupun pernikahan.





Sementara budaya penduduk asli Kalbar dari Melayu adalah Lanting yaitu tempat tinggal suku bangsa melayu yang bermata pencaharian pokok sebagai nelayan. Lanting ini dibangun diatas sungai, pada bagian bawah rumah diberi kayu bulan dan disalah satu sisi rumah diikatkan tali untuk menahan rumah agar tidak terbawa arus (hanyut)


Museum Kalbar buka mulai hari Selasa sampai Minggu pada pukul 08.00 Pagi - 14.30 sore. Sementara hari Senin museum kalbar terutama bagian pameran tidak menerima kunjungan. Sedangkan untuk taman yang ada di area Museum Kalbar buka sampai malam dan tanpa dikenakan bayaran.

Salam Blogger!

Share on :

1 Responses to Museum Jendela Kebudayaan

  1. Wah unik tuh perahu tambe!! Ane barusan tahu sekarang ada lho, ane emang miskin pengetahuan tentang budaya Indonesia, hiks..hiks..hiks... Ane yakin, perahu tambe nih baru salah satu dari ribuan uniknya kebudayaan Indonesia... Artikel yang sungguh bermanfaat Mas, :)

     
.......................................




Translate

PSF

PSF