Salam Blogger

Festival Budaya Bumi Khatulistiwa adalah salah satu event yang di laksanakan di kota Pontianak 2 tahun sekali. Event ini menyuguhkan atraksi gerak tari dari berbagai etnis. Selain itu juga terdapat pameran Ekspo Kalbar. Untuk peserta yang memeriahkan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa ini berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Kalimantan Barat. Juga terdapat pawai - pawai yang menyuguhkan berbagai kebudayaan dari berbagai daerah di provinsi Kalimantan Barat.


Para Undangan yang Hadir

Untuk Pembukaan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa ini dibuka dengan di suguhkan nya tarian - tarian 3 etnis. Tarian 3 etnis itu di sebut " Gempita Khatulistiwa " dari sanggar Andari. Tarian Gempita ini pernah di tampilkan di Istana Negara pada Bulan Agustus lalu, bertepatan 17 Agustus ( kalau gak salah sih ). Tarian 3 etnis itu adalah antara lain Tionghoa, Dayak dan Melayu. Namun festival ini bukan lah untuk ketiga etnis tersebut melainkan untuk seluruh etnis yang berada di Kalimantan Barat. Sebelum festival ini di buka, para hadirin yang di undang menyanyikan lagu
'Indonesia Raya "
Tarian Gempita Khatulistiwa


Kegiatan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa antara lain adalah pemilihan bujang dare wisata khatulistiwa, parade lagu daerah, parade tari daerah, lomba makanan khas daerah, lomba layang-layang hias, lomba merias pengantin melayu, lomba tanjidor, festival barongsai, lomba merancang busana pengantin dayak, lomba syair dan pantun, lomba gasing dan menyumpit.

Namun untuk publikasi nya sendiri itu masih minim. Sehingga masyarakat yang hadir untuk menyaksikan event ini tergolong sedikit. Ketika acara akan di buka, hanya segelintir masyrakat saja yang hadir. Entah apa penyebab nya sehingga kurang nya publikasi event ini padahal event ini sangat menarik untuk mendatangkan wisatawan lokal mau pun wisatawan manca negara. Namun festival ini sangat lah menarik, yang juga di hadiri oleh pengunjung dari negara Malaysia dan Brunei Darussalam. Untuk pelaksanaan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa yang ke 10 ini bertepatan dengan Peringatan Titik Kulminasi sehingga cocok sekali untuk di saksikan oleh berbagai masyarakat dari semua wilayah di Indonesia.




Berikut Video Tarian Gempita Khatulistiwa.

video

Semoga saja apa yang di sajikan bisa menambah wawasan kita semua.

Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Pecidasase

Salam Blogger

Share on :

0 Responses to Pembukaaan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa ke 10 Kalimantan Barat

.......................................




Translate

PSF

PSF