Salam Blogger!

Menurut data dari badan telekomunikasi PBB Hamadon Toure menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di dunia pada tahun 2011 telah mencapai kurang lebih 2 milyar pengguna . Begitu pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia ini memberikan dampak positif dan negatif bagi semua orang. Dampak positif dan negatif ini tidak lepas dari kebebasan berekpresi di internet, baik berekspresi di media sosial facebook, twitter maupun sebuah blog. Kebebasan berkepresi di internet di Indonesia ini sepertinya sudah melewati zona aman yang nama nya " kebebasan " dalam arti sesungguh nya, dengan kata lain kebebasan itu tidak melewati batas - batas yang di tentukan, misalnya tidak menyebar fitnah, memprovokasi atau menyebarkan pornografi.

Banyak kasus yang di akibat kan oleh kebebasan berekspresi di internet ini, salah satu nya adalah kasus yang terjadi di Pontianak, yang mana seorang siswi di salah satu SMK di Pontianak mengupload foto mereka di facebook, namun foto – foto tersebut berubah menjadi foto seksi sehingga berdampak pada masa depan mereka yaitu berupa di keluarkan nya dari sekolah.

Kebebasan berekspresi ini tentunya tak lepas dari peran individu pengguna internet, batas - batas yang di tentukan juga harus di patuhi. Tata krama ketika berinternet juga harus di pahami dan di taati, karena pengguna internet ini hampir semua di gunakan oleh semua golongan. Dan untuk pengguna internet ini seharusnya juga di berikan penyuluhan - penyuluhan bagaimana cara berinternet sehat.
Kebebasan berinternet ini sebenarnya memberikan dampak positif jika dilakukan dengan hal - hal positif, sebagai contoh ketika terjadi bencana merapi, tim relawan " Menjalin Merapi " mengadakan kontak antara sesama tim melalui media sosial Twitter, informasi menjadi mudah dan cepat. Ketika mereka memerlukan bahan pakaian bagi korban bencana, mereka tinggil mentwiit dan tweet tersebut menyebar kemana - mana sehinga yang membaca nya dapat mengetahui informasi apa saja yang di butuhkan oleh korban bencana merapi tersebut (Sumber : Film Dokumenter Linimas(S)a )

Kebebasan Berekspresi di internet ini sebenarnya merupakan pokok permasalahan setiap individu, karena kebebasan yang ada jika tidak di manfaatkan untuk hal – hal positif akan menghasilkan sesuatu yang sia – sia. Untuk itu diperlukan lah kesadaran setiap individu pengguna internet itu sendiri bagaimana cara mereka berekspresi di internet. Kesadaran yang sudah dimiliki itu setidak nya mampu membuat individu – individu pengguna internet untuk mengatur diri sendiri agar bisa memanfaatkan sebaik mungkin kebebasan berekspresi di internet ini. Dan juga penyuluhan atau penginformasian tentang hukum – hukum yang mengatur kebebasan berekspresi di internet ini juga seharusnya di sampaikan kepada pengguna internet agar kelak mereka mengetahui batas – batas apa saja yang seharusnya tidak mereka langgar. Hukum yang mengatur kebebasan berekspresi di internet ini juga harus jelas sehingga tidak menimbulkan suatu misunderstanding dari sang pengguna internet. Sebagai contoh dari kesadaran akan kebebasan berekspresi di internet ini adalah berupa adanya dukungan akan kasus yang melilit Prita Mulyasari dengan munculnya dukungan – dukungan melalui facebook yang tergabung dalam “ Koin Untuk Prita “.

Inti dari kebebasan berekpresi di internet ini adalah sang pengguna internet di Indonesia ini harus mengatur diri mereka sendiri melalui kesadaran yang harus dimiliki setiap individu sehingga kesadaran itu dapat mewujudkan sikap positif pada seorang pengguna internet untuk menggunakan internet secara sehat yang pada akhirnya akan memberikan mereka suatu panutan bahwa kebebasan berekspresi di internet ini mempunyai dampak yang cukup besar pada diri sendiri dan orang lain, sehingga mereka sadar bahwa kebebasan berekspresi di internet ini tidak hanya milik mereka sendiri tidak hanya milik pemerintah, dan lembaga hukum nya atau milik publik figure, masyrakat luas, melainkan milik bersama yang harus di jaga tata kramanya agar kebebasan berekspresi di internet ini tidak menyebabkan hal – hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Kesadaran akan betapa penting nya dampak yang di timbulkan akibat kebebasan berekpresi di internet ini yang nanti pada akhirnya mampu mengatur setiap individu agar bisa menggunakan internet secara sehat.

Adapun uraian di atas hanya lah menurut pendapat pribadi saja, dan negara Demokrasi menjamin kebebasan warganya untuk mengeluarkan pendapat. Sehingga apa yang di utarakan di atas tadi semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan


Salam Blogger!


Share on :

13 Responses to Kebebasan Berekspresi (di) Internet Milik Siapa?

  1. Cerita Tugu Says:
  2. bebas tapi jangan kebanlasan patuhi aturan dalam masyarakat dan norma-norma agama

     
  3. Iya betul2, kdng kebebasan yg kebablasen jg akan berakibat fatal pada dr kita sndr. So, kudu di pilih mana yg baik n yg tdk baek hehe berakibat fatal pada dr kita sndr. So, kudu di pilih mana yg baik n yg tdk baek hehe

     
  4. Kebebasan internet?? Hanya Allah yg punya, semua ada aturannya, jika kta melanggar, mka kta akan mendpat sanksinya, hehehe, nice share mas, oh iya, posting lagi tentang tempat wisata ya, hheheh...

    Salam positif dari Fahri's Articles

     
  5. Masjier Says:
  6. Setuju cuy, berinterbet ria bukan berarti meninggalkan norma - norma dan etika. Semua ada aturannya. Thanks share-nya. Tetap terus berkarya.

     
  7. @Cerita Tugu : ya mas itu semua tergantung individu.. tapi utk pengguna anak2 biasanya ya harus lah ada bimbingan dari orang tua juga.

    @Tari : jadi kebebasan internet ini juga ada batasan nya.. Seperti orang tua yang memberikan kebebasan utk anak nya.. gak mau kan kita menyalahgunakan kebebasan yg telah di berikan

    @Fahri : udah posting tentang tempat wisata.. tapi masih di simpan di draft :)

    @Masjier : oke sob.... terima kasih..terus bekarya juga

     
  8. Dinwahyu Says:
  9. Cukup panjang dan lengkap, tapi Ngos-ngosan juga saya bacanya.

     
  10. Kita harus selalu hati-hati kalo berinteraksi di internet, efek dari kelalaian kita yaitu tadi foto-foto sampe berubah. Itu kerjaan orang iseng..

    Oya komentar mu udah di bales tuh yg mengenai botol kecap B)

     
  11. trims gan
    terkadang pendapat yang dikeluarkan malah bisa membuat bencana bagi dirinya aneh kan gan

     
  12. ®obinhut Says:
  13. Untuk bebas yang satu ini, yang penting tidak merugikan orang lain bahkan diri sendiri,... dan cerdas memfiler hal2 yang nantinya berdampak negatif... itu si menurut saya....

     
  14. hmm,semoga saja kita semua tetap menggunakan internet secara sehat ^^

     
  15. Kejahatan bukan karena hanya ada niat dari pelakunya, tapi karena ada kesempatan ... waspadalah...waspadalah...

    Internet adalah ruang hidup bagi kebaikan dan keburukan... Ia menjalankan fungsi dan tugasnya.

    Kita, sebagai pengguna, hanya akan bertemu dengan dua kemungkinan, antara manfaat atau mudharat.

    Namun terlepas dari hal itu, Internet adalah ruang untuk menekspresikan segala gagasan, aksi, dan segala bentuk warna kehidupan. Perkara salah benar hanya persoalan teknis. Jika kita suka dengan yang sehat-sehat, maka internet menjadi manfaat. Jika yang "negativ-negativ" maka mudarat lebih mendominasi.

    Politisi pada salah satu Partai Islam di Indonesia, yg notabenenya seorang ustadz, harus terjebak dengan menonton vidio porno di saat sidang paripurna. Lagi-lagi ini gara2 internet... Ia pun keilangan posisi,,,

    Bebaas tapi bermanfaat...

     
  16. Kebebasan juga bukan berarti asal jeplak aja kan. :D

    Bebas tapi ngepas. :))

    Salam kenal.

     
  17. Dinwahyu : kepanjangan ya... wah lewat nih.. seharusnya 1500 kata saja... tapi kelewatan kayak nya.

    @SHUDAI AJLANI (dot) COM : oke deh... ntar di lihat balasan kamu :)

    @Obat Sakit 2011 : ya anda benar... negara demokrasi tapi hukum tidak demokrasi

    ®obinhut : ya.. semua tergantung individu sejauh mana kesadaran akan kebebasan berinternet ini.

    @Siti Nurul Falah : ya semoga kita dapat menggunakan internet secara sehat (^_^)

    @Taufik Bilfagih : Politisi pada salah satu partai islam belom tentu bisa di bilang ustaz.. Setau saya Partai tersebut sudah bukan Partai Islam lagi.. dan sudah liberal... Dan orang2 partai nya juga sudah umum... ingin informasi nya baca di Voa Islam.com

    @Akmal Fahrurizal : Kebebasan itu ada batas2 nya..selama tidak di langgar batas2 tersebut maka positif manfaatnya :)

     
.......................................




Translate

PSF

PSF