Penerimaan calon mahasiswa/mahasiswipun akan dibuka tidak lama lagi. Hal itu menandakan bahwa tahun ajaran baru siap untuk dimulai. Bagi sobat muda yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dan berniat untuk aktif di organisasi atau kegiatan ekstrakulikuler, sebaiknya dari sekarang memikirkan organisasi atau klub apa saja yang akan sobat ikuti sebagai kegiatan ekstrakulikuler sobat di kampus nanti.

Pada setiap perguruan tinggi, terdapat berbagai organisasi kampusnya dan berbagai pula klub-klub yang menarik. Bagi sobat muda yang senang berorganisasi, pilihlah organisasi yang jelas visi dan misinya. Hal itu dipandang perlu, agar keikutsertaan sobat muda pada organisasi tersebut tidak sia-sia. Selain itu juga, organisasi yang sobat ikuti juga hendaknya memiliki kesamaan dengan visi/misi sobat muda. Biasanya ada organisasi yang berdiri, tetapi tidak memiliki visi dan misi yang jelas, sehingga kehadirannya seperti bentuk formalitas saja. Sementara bagi sobat yang menyukai klub sobat bisa bergabung dengan klub yang sesuai minat dan bidang yang sobat gemari. Misalnya klub olahraga basket, klub musik band, angklung, biola atau juga klub kesenian seperti teater.

Baik organisasi atau klub ekskul yang sobat pilih nanti, hendaknya tidak terlalu banyak misalnya tidak lebih dari dua organisasi atau klub. Namun jika sobat muda memiliki kemampuan dalam membagi waktu, silakan pilih lebih dari yang telah disarankan di atas. Ketika sobat aktif di organisasi dan eksul, maka sobat muda harus menyesuaikan waktu antara belajar dengan waktu berorganisasi atau eksul. Jika waktu sobat banyak tersita untuk kegiatan organisasi atau eksul maka tentu sangat mempengaruhi intensitas belajar sobat muda di kampus. Misalnya yang seharusnya empat tahun karena sibuk organisasi atau eksul malah menjadi lima atau enam tahun. Namun meskipun demikian, aktif organisasi dan ekskul bukan penghalang untuk berprestasi loh, oleh sobat harus cerdas dalam membagi waktu antara belajar dan kegiatan organisasi/eskul sobat.

Nah bagaimana untuk memilih organisasi dan klub ekskul yang tidak menganggu jam belajar sobat? Tiap organisasi atau klub ekskul memang menyita waktu yang tidak sedikit. Meskipun demikian, biasanya nih, kegiatan atau latihan klub ekskul dilakukan setelah proses belajar belajar kampus selesai (khusus untuk yang kuliah regular). Misalnya untuk kegiatan organisasi himpunan mahasiswa, biasanya ada pemberitahuan kegiatan yang akan dilakukan seperti rapat, diskusi dan lain-lainnya yang waktu kegiatannya disesuaikan dengan waktu luang para anggotanya. Seperti jam istirahat siang, atau sore hari setelah usai aktivitas perkuliahan. Sementara untuk klub ekskul ini biasanya memiliki kegiatan seperti latihan. Sebagai contoh klub musik, biasanya latihan di mulai pukul lima sore dengan jadwal latihan seling satu hari. Nah biasanya bagi yang ikut dua klub ekskul ini ada insiden yang mana jadwal latihannya bentrok atau bersamaan jadwal latihan antara satu klub dengan klub lainnya. Jika tidak ikut latihan tentu akan sobat akan tertinggal beberapa hal yang seharusnya sobat ketahui atau pelajari. Lalu bagaimana menyikapinya? Jika jadwal bentroknya hanya satu kali atau satu hari maka sobat bisa meminta dispensasi atau izin untuk tidak hadir latihan pada salah satu klub tersebut. Namun jika jadwalnya bentrok terus menerus maka sobat harus pilih salah satu klub yang benar sobat akan ikuti sebagai kegiatan ekskul sobat. Tentunya yang benar-benar sesuai minat sobat.

Organisasi atau klub ekskul, keduanya memiliki banyak manfaat bagi sobat muda. Manfaat yang paling gampang untuk dilihat adalah relasi dan pengalaman. Oleh karena itu jangan takut untuk ikut organisasi atau klub asal sobat mampu mengatur waktu sobat. 

Share on :

1 Responses to Salah Pilih Klub Ekstrakulikuler? Ga Lah Ya!

  1. Beby Rischka Says:
  2. Dulu paling males pilih ekskul karena uda kebanyakan les. Hihihi.. Tapi mau ngga mau mesti ikut, Bang. Akhirnya 'terpaksa' ikut ekskul komputer. Asik deh bisa ngadem di lab :p

     
.......................................




Translate

PSF

PSF