Risma, Sosok Wanita Tangguh Indonesia Masa Kini 
Oleh : Eliyanto 
Tri Rismaharini yang kerap di sapa dengan nama Risma sudah akrab di telinga rakyat Indonesia terutama di Kota Surabaya. Wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961 ini merupakan Walikota yang ke-23 di Surabaya. Wanita yang menjabat sebagai Walikota Surabaya sejak 28 September 2010 silam sangat gigih dalam membangun Kota Surabaya. Hal tersebut dapat di lihat dari berbagai prestasi yang Kota Surabaya raih berkat kepemimpinannya seperti Meraih Adipura untuk kategori kota Metropolitan, kota terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik dalam mengelola lingkungan versi Citynet serta meraih Future Government Award 2013 untuk bidang data center dan inklusi digital.

Sosok pemimpin terutama wanita seperti Risma ini sangat jarang dimiliki oleh bangsa Indonesia saat ini. Sehingga dengan demikian, munculnya sosok pemimpin wanita seperti Walikota Surabaya ini menjadi bukti bahwa kiprah wanita Indonesia di masa kini sangat berkontribusi dalam membangun Indonesia.

Sebagai Mayor of the Month atau wali kota terbaik di dunia untuk bulan Februari 2014 lalu versi City Mayors, tentu bukan hal mudah bagi Risma untuk meraih prestai dan predikat tersebut. Pasalnya sejak ia menjabat sebagai walikota, banyak pihak yang tidak senang terhadap cara kepemimpinannya dalam membangun Kota Surabaya. Hal itu dapat di lihat ke belakang yaitu pada pada tanggal 31 Januari 2011 silam, sempat muncul isu menurunkan Risma dari jabatannya melalui hak angket yang kala itu dilakukan oleh Ketua DPRD Surabaya Whisnu Wardhana. Alasan penurunan angket tersebut karena kebijakan dalam menaikan pajak reklame sebesar 25 persen itu tidak melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Tidak hanya itu, berbagai persoalan pun melanda Risma selama kepemimpinannya. Sebut saja kisruh pembangunan tol tengah kota Surabaya yang di nilai Risma, tidak bermanfaat untuk mengurai kemacetan di Surabaya, kisruh Kebun Binatang Surabaya yang sempat menyita perhatian media massa internasional, hingga ketidak akuran dengan wakil walikota yang diduga sebagai salah satu tokoh dibalik rencana pemakzulan dirinya pada awal tahun 2011 silam. Persoalan-persoalan tersebut sempat membuat wanita ini berniat mengundurkan diri, namun banyak dukungan rakyatnya agar tetap menjabat Walikota Surabaya, membuat Risma membatalkan niat pengunduran diri tersebut.

Berbagai persoalan yang melanda Risma tentu bukanlah hal mudah untuk ditangani. Namun berkat kegigihan dan ketangguhannnya serta demi menjalankan amanah rakyat yang di emban, Risma mampu menghadapi segala persoalan tersebut. Sosok wanita tangguh seperti Risma ini seperti berlian yang berada di dalam pasir. Sangat berharga namun sulit didapatkan. Oleh karena itu tidak heran jika banyak pula yang mengagumi sosok pemimpin wanita seperti Risma ini.

Ketangguhan Risma dalam menghadapi segala persoalan yang melandanya patut menjadi contoh teladan bagi pemimpin lainnya, terutama sosok perempuan. Pasalnya, selama ini banyak pihak yang beranggapan jikalau pemimpin wanita itu lemah, mudah menyerah, dan tidak mampu membangun kota atau juga bangsa. Namun sekali lagi, sosok Risma ini mampu menepis segala keraguan tersebut.

Sosok Risma yang tangguh ini dapat menjadi cerminan bagi pemimpin laki-laki bahwa sosok perempuan Indonesia masa kini tidak kalah hebatnya dengan sosok laki-laki dalam memimpin dan berpolitik. Sehingga dengan demikian, sudah seharusnyalah semua pihak mendukung sosok pemimpin perempuan dalam membangun negara tercinta ini.

Sosok pemimpin seperti Risma ini sudah seharusnya banyak di miliki bangsa Indonesia. Karena dengan sosok pemimpin wanita seperti Risma ini, Indonesia akan mampu bangkit dari ketertinggalan baik itu dibidang pendidikan, pembangunan, ekonomi, atau bidang lainnya. Tentu kalimat diatas bukanlah hal yang terlalu dilebih-lebihkan, mengingat negara Indonesia saat ini kekurangan pemimpin yang tangguh dan mampu mengemban amanat rakyat seperti sosok Risma ini.
#women-empowerment

Refferensi :
http://politik.kompasiana.com/2014/03/05/ibu-risma-prestasi-dan-sensasional-639621.html http://profil.merdeka.com/indonesia/t/tri-rismaharini/ http://regional.kompasiana.com/2014/02/22/terpampang-di-citymayors-21022014-tri-risma-harini-resmi-jadi-walikota-terbaik-dunia-633860.html

Share on :

1 Responses to Risma, Sosok Wanita Tangguh Indonesia Masa Kini

  1. Beby Rischka Says:
  2. Sayang ya.. Pemimpin yang baik dan adil selalu ditekan oleh pejabat yang berkuasa.. :(

     
.......................................




Translate

PSF

PSF