Pantai Kuta merupakan objek wisata yang paling terkenal serta wisata andalan Pulau Bali. Ia merupakan lokasi yang menjadi tujuan utama para turis asing yang gemar menikmati teriknya matahari. Pantai Kuta berada di sebelah selatan Denpasar, Ibu Kota Bali yakni di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, sekitar 12 Km dari Kota Denpasar.

Pantai Kuta yang dikenal sebagai pantai matahari terbenam ini memiliki panjang pantai sekitar 1.500 m. Dulunya Pantai Kuta ini merupakan perkampungan nelayan Bali, namun seiring berkembangnya pariwisata di Bali, Pantai ini pun dijadikan daerah wisata andalan yang pada akhirnya mengalahkan kepopuleran Pantai Sanur.

Pantai Kuta menawarkan berbagai keindahan bagi para wisatawan nusantara maupun asing. Misalnya keindahan pasirnya, panorama matahari terbenam atau berselancar. Seperti diketahui bahwa Pantai Kuta merupakan pantai yang didominasi wisatawan asing yang gemar berjemur dan menikmati matahari terbenam. Selain itu pula, penggila selancar banyak menghabiskan waktu di sini karena ombak pantainya yang cukup besar.

Sebagai wisata andalan Pulau Bali, penyediaan fasilitas bagi para pengunjung sangat diperhatikan oleh pemerintah setempat maupun swasta. Hal itu dapat dilihat dari penyediaan tempat hiburan malam, berbelanja, penginapan, spa, restoran, yang semuanya berkelas internasional. Tidak heran jika berkunjung ke Pantai Kuta dan melihat wisatawan yang mendominasi lokasi objek wisata ini adalah wisatawan asing.

Perkembangan pariwisata Pantai Kuta maupun Bali pernah mengalami masa kesulitan yaitu pada tahun 2002. Hal itu dikarenakan pada saat itu terjadi Bom Bali I dan II yang mengakibatkan rasa tidak aman dan ketakutan akan teror yang berdampak pada merosotnya tingkat kunjungan wisatawan selama hampir 3 tahun. Meskipun demikian, upaya pemerintah Bali yang diikuti peran serta masyarakat dan swasta kembali membuat rasa percaya wisatawan bahwa Pulau Bali aman untuk dikunjungi. Hal itu dapat dibuktikan sekarang ini bahwa Pulau Bali kembali menjadi Surga Pariwisata Indonesia.

Share on :
.......................................




Translate

PSF

PSF