Kawasan Bedugul yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan dan danau. Daerah yang berada diketinggian 1.200 meter memiliki iklim yang dingin dan selalu diselimuti kabut. Adapaun nama Bedugul berasal dari cerita rakyat yang mengisahkan pertempuran antara Patih dari Raja Mengwi melawan raksasa Sindurama. Pada pertempuran tersebut raksasa Sindurama tewas tersungkur dan membentuk bukit yang disebut Bukit Sungkur. Bukit yang menyerupai raksasa Sindurama itu menjadi asal muasal nama Bedugul.

Pada kawasan Bedugul ini terdapat sebuah danau yang terkenal dengan nama Danau Beratan Bedugul. Danau tersebut merupakan danau terdangkal di Provinsi Bali yakini hanya memiliki kedalaman 22 m dan luas 13,8 km dengan volume air danau 0,049 km3. Ia terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini berada di jalur jalan provinsi dengan jarak sekitar 70 km/2,5 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Selain itu, letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan Danau Beratan sebagai salah satu objek wisata yang paling diminati di Bali.

Danau Beratan ini menawarkan pemandangan yang unik dan menarik yaitu terdapat Pura Ulun Danu di tengah yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu yang di percaya sebagai Dewi Sri atau Dewi Kesuburan. Selain Pura Ulun Danu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Gunung Karu dan villa terapung.

Untuk mengelilingi danau tersebut, pengunjung harus menyewa boat sebesar Rp. 25.000 per orang dengan durasi 30 menit. Apabila pengunjung tidak mengelilingi danau, dapat pula melakukan aktivitas lainnya yaitu memancing, berbelanja cendera mata ataupun dilukis oleh seniman yang ada di Danau Beratan tersebut. 

Fasilitas yang tersedia di sekitar Danau Beratan ini antara lain pasar buah khas Bali, pasar cendera mata, restoran, tempat penyewaan boat, alat pancing, dan toilet serta mushola. Seperti pada tempat wisata lainnya, wisata Danau Beratan ini juga dikelola oleh desa adat dengan di bawah perhatian pemerintah setempat.

Share on :
.......................................




Translate

PSF

PSF