Kondisi Jalan Haju Sudin Desa Sungai Kumpai, Dusun Semayong sangat memperihatinkan. Pasalnya sejak berpuluh-puluh tahun, kondisi jalan tersebut masih berlumpur dan becek. Pada tahun 2007 sudah dilakukan ''pengerasan'' sepanjang 2 Km atau setengah dari panjang jalan tersebut. Namun pada tengah-tengah dari panjang jalan tersebut masih berupa jalan semen yang amburadul bercampur tanah dan kayu yang digunakan warga sebagai penambal jalan yang berlobang.

Kondisi jalan tersebut sudah berlangsung berpuluh tahun. Sementara jalan ini merupakan jalan utama warga setempat menuju kota dan pusat perkenomian Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Sejak bergantinya Presiden, Gubernur, Bupati, Camat, dan Kepala Desa, hanya sedikit perubahan yang dilakukan yaitu pengerasan itu tadi. Sebelumnya kondisi tersebut bisa dikatakan sangat dan tersangat buruk. Ketika musim hujan, warga harus membanting tenaga sekuat mungkin guna melewati jalan tersebut. Untungnya ditengah kondisi jalanan dan kurangnya perhatian dari pemerintah, warga dengan semangat gotong royongnya membetulkan jalan dan menambal jalan tersebut dengan potongan kayu-kayu yang diambil dari hutan. Namun malangnya tidak berapa lama, kayu-kayu tersebut bergelimpangan sehingga kondisi jalan kembali buruk.

Sebelum pergantian bupati, bupati lama pernah berkunjung dusun Semayong ini. Kunjungan yang dilakukan tak lebih sekadar meraih simpati guna terpilih kembali sebagai bupati. Namun lagi-lagi kunjungan tinggal kunjungan. Kondisi jalan masih saja tidak berubah.

Pergantian Bupati diharapkan dapat memperhatikan kondisi jalan diperdesaaan. Namun hal demikian tinggalah harapan. Begitu juga dengan pergantian Camat,ibarat satu tali satu ikatan. Pergantian yang tidak membawakan perubahan.

Kondisi jalan tersebut yang merupakan jalan utama bukanlah satu-satunya yang dalam kondisi buruk. Pada jalan di dusun tersebut bahkan lebih parah lagi. Jalan yang masih beralaskan tanah itu belum tersentuh aspal sama sekali. Dalam hal ini sangat diperlukan tindakan segara dari pemerintah setempat guna memperbaiki kondisi jalanan yang menjadi saranan utama warga setempat

Share on :

0 Responses to Pemimpin Berganti, Kondisi Jalan Desa Terbengkalai

.......................................




Translate

PSF

PSF