Kalimantan Barat memang kaya akan keindahan alam dan pariwisatanya. Satu diantaranya adalah Air Pauh di Kota Sukadana, Kabupaten Kayong Utara yang tepatnya terletak di Desa Sungai Gali Kecamatan Sukadana.
Dengan waktu perjalanan sekitar 15 menit dari pusat pemerintah Kabupaten Kayong Utara, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam Air Pauh ini. Sebelum tiba di Air Pauh, para pengunjung akan menikmati indahnya bebukitan dan sawah hijau yang menghampar luas bak lautan. Setelah tiba di bukit Air Pauh, ini pengungjung dapat membeli buah atau sayuran yang dijual oleh warga setempat.

Tibanya di Air Pauh ini, pengunjung dapat berenang di cekungan yang luasnya tidak terlalu besar atau menyusuri kaki bukit atau sungai yang berisi batu-batuan. Berdasarkan informasi dari salah satu warga setempat, untuk menikmati air terjun Air Pauh ini harus mendaki bukitnya terlebih dahulu. Sepanjang sungai Air Pauh ini berisi bebatuan dengan volume air yang tidak terlalu dalam. Sehingga memudahkan untuk bertualang tanpa kuatir pakaian akan basah.
Batu yang mengisi sungai ini ukurannya rata-rata tergolong besar, dan belum diselimuti lumut sehingga aman jika dilalui menggunakan sandal atau sepatu. Meskipun demikian masih diperlukan kehati-hatian para pengunjung. Saat penulis mengunjungi Air Pauh tersebut volome air disungai tergolong kering. Tidak dapat dipastikan apakah musim penghujan volume airnya juga sama atau sebaliknya. Namun Air pauh ini sangat layak untuk dikunjungi.
Di kaki bukit ini juga tersedia saung atau pondok. Bagi pengunjung yang membawa keluarga atau rekan-rekan kerjanya dapat berteduh di saung itu dan tentunya dapat menikmati makanan yang telah dibawa. Satu hal yang harus diketahui juga, bahwa wisata air pauh ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Selain itu jalan menuju tempat tersebut juga lumayan bagus. Jadi kapan lagi kalau bukan sekarang mengujungi Air Pauh di Sukadana, Kayong Utara ini.

Share on :

1 Responses to Air Pauh Sukadana, Kayong Utara

  1. Adi Sutanto Says:
  2. Sy pernah kesana...rental mobil dsana banyak tipu tipu...jd untuk wisatawan yg mau ksana lbh berhati" dan ada baiknya tanyakan harga sewa secara mendetail...

     
.......................................




Translate

PSF

PSF