Beberapa hari lalu terjadi aksi blokade jalur pengiriman kapal batu bara di Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Aksi yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat Kalimantan, khususnya Kalsel ini terkait permintaan penambahan kuota BBM yang belum juga dipenuhi oleh pemerintah pusat. Seperti kita ketahui Pulau Kalimantan merupakan pulau yang kaya akan hasil alamnya, baik itu kayu,tambang maupun sumber daya alam lainny. Namun sayangnya walaupun kaya akan hasil alamnya, pembangunan dan kebutuhan rakyat Kalimantan jauh dari apa yang diharapkan.

Indonesia pernah dikenal dengan gelar paru-paru dunia. Sementara Pulau Kalimantan merupakan paru-parunya Indonesia. Namun apa yang terjadi? Hutannya dibabat habis, alam diekploitasi sesuka hati. Dan yang memperihatinkan, hasil dari semua itu, diangkut untuk membangun diluar pulau Kalimantan. Kita bisa melihat dengan jelas perbedaan antara pembangunan di Kalimantan dan Pulau Jawa. Jelas terlihat perbedaan yang diberikan oleh pemerintah kita sendiri. Bayangkan saja, Kalimantan yang merupakan penghasil alam, penyumbang batu bara yang notabane menjadi energi untuk listrik di Pulau jawa, penghasil sumber bahan bakar minyak, malah didiskriminasi oleh pemerintah pusat. Kalimantan terlupakan, suara rakyat yang berpuluh tahun tertutup oleh ketidakadilan. Infrastruktur di Kalimantan terabaikan, sementara di Pulau Jawa sendiri, pemerintah begitu gencarnya membangun gedung bertingkat, jalan yang mulus,sekolah yang megah, sementara di Kalimantan yang notabane penyumbang dana untuk semua itu tak diperhatikan. Miris sekali, wajar saja jika Rakyat Kalimantan dan Papua memberontak dan menuntut keadilan pemerintah pusat.

Jangan mempertanyakan rasa nasionalisme rakyat jika pemerintah sendiri tidak bersikap adil. Yang paling merasakan ketidakadilan pemerintah adalah dari daerah perbatasan. Kondisi jalan yang penuh lobang,daerah yang belum teraliri listrik, krisis air bersih, keberadaan sekolah yang minim, dan banyak lagi ketidakadilan yang masyarakat diperbatasan rasakan.


Kalimantan Menggugat... Kalimantan Menggugat karena ketidakadilan Pemerintah Pusat!


Udah bace jangan lupa follow twitter kamek ye, @Pecidasase

Share on :

1 Responses to Kalimantan Menggugat

  1. Menjawab keperluan usaha Anda untuk jasa inspeksi - instalasi - dan perawatan tempat-tempat yang sulit dijangkau. Merambat, berjalan, bergantung diketinggian memakai tali dan ropes technique adalah keahlian yang kami tawarkan untuk mengatasi persoalan-persoalan diberbagai proyek ; menara komunikasi, cerobong, konstruksi jembatan, maupun rig lepas pantai. Seluruhnya ditangani secara efisien dengan tingkat keselamatan yang tinggi.
    http://karashighreach.blogspot.com/
    http://karash90climb.blogspot.com/

     
.......................................




Translate

PSF

PSF