Tanggal 21 April merupakan Kartini, disambut dengan Hari Bumi pada tanggal 22 April, dan tahukan anda bahwa tanggal 23 April ini merupakan Hari Buku Sedunia?


Kenapa Hari Buku Sedunia jatuh pada tanggal 23 April?

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, disebutkan pada tahun 1995, UNESCO memutuskan bahwa Hari Buku dan Hak Cipta se-Dunia akan dirayakan pada tanggal 23 April.Putusan ini diambil karena pada tanggal 23 April bertepatan dengan Ulang Tahun Kelahiran dan Kematian William Shakespeare, Festival Katalonia, kematian Miguel de Cervantes , Inca de Garcilaso la Vega dan Josep Pla , kelahiran Maurice Druon , Vladimir Nabokov , Manuel Mejía Vallejo dan Halldór Laxness. Nama-nama tersebut merupakan penulis Spanyol zaman dahulu. Sebagai contoh Miguel de Cervantes merupakan penulis asal Spanyol yang meninggal dunia pada 23 April 1923, Festival Katalonia yang merupakan hari bagi seorang laki-laki untuk memberikan bunga mawar bagi kekasih mereka dan para wanita harus memberikan buku sebagai pengganti. Sehingga penetapan 23 April sebagai Hari Buku merupakan bentuk penghormatan terhadap mereka.


Memperingati Hari Buku dalam konteks ini bukanlah menghormati atau mengagungkan mereka yang sudah meninggal. Melainkan sebagai moment untuk membaca buku guna menambah wawasan kita semua. Memperingati Hari Buku hendaknya tidak hanya dilakukan pas tanggal 23 April saja. Melainkan juga dilakukan setiap hari. Salah satunya memperingati Hari Buku adalah dengan membaca buku. Dengan membaca wawasan akan semakin berkembang.

Share on :

10 Responses to Hari Buku Sedunia

  1. baru tahu tadi waktu baca kompas.com
    ternyata secara berturut ada hari penting..

     
  2. Adiana Putra Says:
  3. saya baru tahu kalau ada hari bku.

     
  4. ASAZ Says:
  5. seharusnya buku dibuat murah, atau pemerintah memberikan subsidi terhadap buku, karena makin kesini buku makin mahal

     
  6. Intinya kita semua harus rajin2 membaca buku biar kite pintar semue ;D

     
  7. Efri Yaldi Says:
  8. waaah makasih ya postingannya, kebetulan saya ulang tahun tngl 23 april ini, jadi tau, maka saya merasa bersemangat membaca buku, karena hari buku sama dengan hari kelahiran saya

     
  9. Bener loh, saya baru tahu kemarin ada yang udate fb katanya lagi hari buku. Eh aku baca ini blog. Berarti emang hari buku kemarin itu. Keren yah bisa nyusun gitu dari kartini, bumi, lalu buku, sekarang apa yah. Tau ga? :))

     
  10. NF Says:
  11. wih bacaannya islib 101 nih.. :)

     
  12. baru tahu, makanya gak ngeposting di blog. :D

     
  13. Dih, curang. Masa cewek dikasih mawar, cowok dikasih buku? Saya mah mending dikasih buku.

     
  14. Asep Haryono Says:
  15. kalaw saya sih mending dikasih duit aja, Hehehehe. Intermezo aja.
    Hi hi ikutan numpang nih. Wah menarik sekali. Saya tau blog ini dari blognya The Kupu Dini.

    Saya sudah join di blog ini, Ditunggu join balikna. Hihihihi. Oh ya soal buku memang menarik, saya senang membaca buku, dan saya banyak koleksi buku menarik. Insya Allah saya kirim satu buah buku buat mu kelak di kemudian hari, Insya Allah.

    Asep Haryono
    Blogger/Adsense Publisher/SEO Learner
    Website Content Specialist

    wwww.pontianakpost.com
    www.asepharyono.com
    simplyasep.blogspot.com
    joomlatutorial15.blogspot.com

     
.......................................




Translate

PSF

PSF