Setelah menulis informasi tentang Kondisi Jalan Penghubung Antar Desa yang Puluhan tahun tidak diaspal. Kondisi jalan di Desa Sungai Kumpai tepatnya Dusun Semayong juga mengalami hal yang serupa.

Listrik masuk ke Dusun Semayong sekitar tahun 1997 dan tidak semua RT yang mendapat jaringan listrik. Dusun Semayong terdiri dari 7 RT dengan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani karet dan padi.





Pada tahun 1999 dilakukan penggalian parit yang bertujuan untuk mencegah banjir. Dan sekitar tahun 2002 jalan pada dusun tersebut disemen termasuk jalan penghubung antara Dusun Semayong dengan Desa Sekura yang merupakan pusat ekonomi kecamatan teluk keramat. Namun sayangnya, setelah disemen, kondisi jalan penghubung tersebut rusak parah dan tidak diperhatikan hingga dilakukan pengerasan namun kondisinya juga masih parah hingga saat ini.
Pada jalan di Dusun Semayong ini, RT 3, RT 4, dan RT 5 sudah disemen. Sedangkan dua RT lainnya hanya setengahnya saja. Terutama pada RT 6 yang kondisi jalannya sangat parah. Pada tahun 2002 penggalian parit yang dilakukan menjadikan tiang listrik menjadi berada ditengah-tengah jalan. Hal tersebut dikarenakan tanah hasil galian parit tidak ditempatkan secara benar sehingga letak tiang listrik menjadi tengah-tengah jalan.

Selain itu juga pada tahun 2010 dilakukan kembali penggalian parit yang menyebabkan jalan semen tertimbun tanah galian. Hal tersebut hanya terjadi pada satu RT saja yaitu RT 6. Namun secara keseluruhan kondisi jalan di Dusun Semayong ini cukup memperihatikan. Jalannya sempit, berlubang dan masih banyak yang tidak disemen. Jangankan diaspal, disemen saja hanya sebagian.


Pemerintah Kabupaten Sambas terutama Bupati Sambas hampir 3 kali mendatangi dusun tersebut. Saat ini masa kampanye untuk pemilihan calon bupati. Saat ia terpilih tindak lanjut terhadap kondisi jalan tidak banyak yang berubah. Ditambah sejak yang bersangkutan melepas jabatan, kondisi pembangunan jalan penghubung antar desa menjadi terbengkalai (baca disini)

Share on :

3 Responses to Jalan Dusun Semayong Juga Memerlukan Tindakan Lebih Lanjut Pemkab Sambas

  1. Ia sih. Mana ini pemerintah. Tidak ada yang bertindak mau membenahi atau memperbaiki jalan tsb...

     
  2. ®obinhut Says:
  3. Banyak jalan yang seperti ini, negara ini emang berkembang, tapi ndak tau ah. . . . Ane kagak bisa k0men soal kepengurusan pemerintahan. . . .

     
  4. Mantap bro, mari kita suarakan kondisi daerah yang sebenarnya melalui media blog. Biar publik pada tahu bahwa sebenarnya kita masih banyak tertinggal dibanding daerah lain. Semangat...

     
.......................................




Translate

PSF

PSF