Salam Blogger!

Seringkali tulisan di blog ini menceritakan keindahan pariwisata,budaya maupun kulinernya Kalimantan Barat. Namun belum pernah menyajikan jumlah atau tingkat kunjungan wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri ke Kalbar itu sendiri. Untuk itu, pada kali ini, sedikit berbagi informasi tentang perkembangan pariwisata Kalimantan Barat yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat hingga bulan Desember 2011.

Ilustrasi
Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kalbar melalui dua pintu yaitu Entikong dan Supadio. Pada bulan Desember 2011 kunjungan Wisman mencapai 4.042 orang. Mengalami kenaikan sebesar 37 persen bila dibandingkan pada bulan November 2011 sebanyak 2.949 orang.

Pintu masuk Entikong mendominasi Wisman yang datang ke Kalbar yaitu sebesar 83,30 persen. Sedangkan wisman yang masuk melalui pintu masuk Pontianak (Supadio) hanya sebesar 16,70 persen. Jumlah Wisman yang masuk melalui pintu Entikong hingga bulan Desember 2011 sebanyak 3.367 orang. Mengalami kenaikan sebesar 49,45 persen bila dibandingkan dengan bulan November 2011 yaitu 2.253 orang. Sedangkan Wisman yang masuk melalui Supadio hingga Desember 2011 justru mengalami penurunan sebesar 3,02 persen bila dibandingkan dengan bulan November 2011 yaitu dari 696 orang menjadi 675 orang pada bulan Desember 2011.

Wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke Kalbar hingga bulan Desember 2011 sebagian besar berasal dari negara Malaysia yaitu sebanyak 2.929 orang atau sebesar 72,46 persen, diikuti dari negara Brunei Darussalam yaitu sebanyak 826 orang atau sebesar 20,44 persen. Dari negara Singapura sebanyak 148 orang atau 3,66 persen,Filipina sebanyak 36 orang atau 0,89 persen, dan dari negara Republik Rakyat Cina sebanyak 31 orang atau 0,77 persen serta dari negara lainnya sebanyak 72 orang atau sekitar 1,78 persen.


Salam Blogger!

Share on :

14 Responses to Wisatawan Mancanegara Kalbar Didominasi Dari Malaysia

  1. waaahh... waaahh.... blum pernah sy k sana.... mgkn kpan2..... ^_^

     
  2. Citro Mduro Says:
  3. Semoga semakin banyak wisatawan yang masuk untuk menikmati keindahan negeri ini

     
  4. HEЯRY Says:
  5. terus meningkat ya, keren kalbar memang :)
    oia salam kenal sob sekalian ijin follow blog ini..

     
  6. mungkin karena dekat jadi banyak. n semoga makin banyak saja biar devisa bisa bertambah

     
  7. arr rian Says:
  8. tinggal melangkahkan kaki mungkin ya :D

     
  9. Mami Zidane Says:
  10. wajar juga mas kalo wisman nya kebanyakan dari malaysia...secara geografis kan letaknya memang sangat dekat dan mudah di jangkau...mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang sih bukan hanya dari malaysia aja kan...seharusnya wisatawan dalam negeri jumlahnya bisa semakin banyak juga setiap tahunnya.....salam kenal ya...

     
  11. salam blogger :D
    udah cool n smart kok ^^
    salam kenal :)

     
  12. waah kalimantan ...
    belum pernah kesana sekalipun
    kapan ya?
    :)

     
  13. ASAZ Says:
  14. terlebih bulan januari pebruari dalam rangka awal tahun serta perayaan cap go meh banyak wisatawan keturunan tionghoa WN malaysia yang liburan ke kalimantan, salam kenal

     
  15. Hmm, kayaknya enak juga ya kalau kita bisa turut serta membangun Kalimantan Barat ataupun Kalimantan pada umumnya juga melakukan reboisasi besar2an terhadap hutannya dan juga memiliki kehidupan lain disana secara Pulau ini relatif aman dari Gempa.

    Salam

     
  16. Wow, banyak banget ya....

     
  17. wahh,banyak juga ya?pengen juga^^

    salam kenal...

     
  18. Wah banyak juga ya! tapi wismannya biasa spesifik ke daerah mana??

     
  19. Dapah blog Says:
  20. Thanks infonya.

    Salam sukses selalu...

     
.......................................




Translate

PSF

PSF