Salam Blogger!

Bukit Piantus adalah salah satu objek wisata alam yang terdapat di kabupaten Sambas. Selain wisata alam, ia juga merupakan wisata sejarah. Salah satu nya adalah terdapatnya makam Dato' Kullup. Sehingga bukit Piantus pun menjadi tak terpisahkan dengan lagenda Dato' Kullup.

Screenshot Video Telapak Kaki


Konon cerita nya pada zaman dahulu kala, ada seorang pemuda yang terkenal dengan kekebalan tubuh nya terhadap benda tajam. Nama pemuda tersebut adalah Kullup. Konon nya sang pemuda tersebut tidak bisa di sunat karena kulitnya tidak bisa terjamah oleh benda tajam. Pada suatu hari, si pemuda ini berjalan - jalan di hutan di Bukit Piantus. Tiba - tiba se Ekor burung memanggil nama nya " Kulup - Kullup ", sontak sang pemuda tersebut menjadi terkejut dan bercampur malu. Ia pun berlari sekencang - kencang nya sehingga tanpa di sadari nya ia terjatuh karena menabrak sesuatu dan terjatuh ke lubang sehingga ia meninggal. Sejak itu kata " Kullup " identik dengan seorang anak laki - laki yang sudah baligh tapi masih belum di khitan.

Di bawah ini ada cuplikan Video telapak kaki Dato' Kullup di atas batu, konon nya telapak kaki itu adalah telapak kaki ketika dia sedang sholat, ada juga telapak lutut nya ketika ia sujud. Namun di versi lain, konon nya itu adalah telapak kaki ketika ia berlari ketika mendengar suara burung yang memanggil namanya.



Telapak kaki Dato' Kullup ini menjadi pertanda bahwa lagenda itu adalah benar ada nya. Selain makam nya yang merupakan bukti bahwa lagenda Dato' Kullup itu bukan lah isapan jempol belaka. Makam Dato; Kullup lokasi nya berada di pertengahan bukit Piantus. Sementara telapak kaki nya berada di area hutan bambu di bukit Piantus juga. Namun sayang nya tanda untuk memberitahukan lokasi dimana telapak kaki Dato' Kullup itu berada masih belum ada. Sehingga bila pengunjung ingin melihat telapak kaki Dato' Kullup harus mencari dengan bersusah payah. Sementara makam Dato' Kullup tidak jauh letak nya dari tangga menuju puncak bukit ini. Dengan adanya telapak kaki Dato' Kullup di atas batu, bisa menjadi kan bukit Piantus lebih banyak di kunjungi sebagai wisata sejarah nya. Selain Wisata alam nya yang indah ia merupakan juga wisata sejarah yang menakjubkan dengan lagenda nya.

Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Pecidasase

Salam Blogger


Bukti Memfollow VivaVlog

Bukti Memfollow Vivanews

Bukti Memfollow Xl




Bukti MenTweet


Share on :

4 Responses to Video Telapak Kaki Dato' Kullup di atas batu di Bukit Piantus

  1. Anak Kodok Says:
  2. sebuah legenda yg cukup menarik untu dikunjungi

     
  3. Bayu Hidayat Says:
  4. halo bro. owww dah lama ngak bersua brooo. awww sambas banyak tempat menarik nya. pengen kesana lah gw

     
  5. Wuih menarik sekali ya. Wisata alam plus tempat bersejarah. Sayang jauh sekali hehe.

    Gmn kbrnya mas eel? Lm tak jumpa hehe

     
  6. thekupu Says:
  7. woow, even saya yang penghuni kalimantan barat baru tau ada ginian di kalbar tercinta... soo amazed me

     
.......................................




Translate

PSF

PSF