Salam Blogger!

Beberapa waktu yang lalu telah memposting tentang " Sungai Sekura, Surganya Burung Walet ", nah seperti janji saya kemarin yang akan memposting tentang sungai sekura, maka kali ini saya berkeinginan untuk membahas tentang sungai sekura lagi, namun bahasan kali ini tidak lah selengkap yang kemarin, karna tentang sungai sekura bisa di baca di sini juga.


Sungai Sekura merupakan jalur penting yang menghubungkan antara Desa Sepadu dengan Desa Sekura dan Teluk Kalong. Jika Dari Kota Pontianak atau Sambas dan ingin Menuju Paloh atau Desa Sekura, haruslah menyebrang melalui sungai sekura ini, yang mana jika ingin menuju teluk kalong atau arah Paloh bisa menggunakan fery atau Sampan. Sementara untuk yang menuju pasar Sekura, biasanya bisa melewati Perahu atau Motor air. Namun jika ingin menuju Sekura tetapi mengendarai Mobil, salah satu nya adalah harus menggunakan Jasa Penyeberangan Feri yang mana jika sudah sampai di Teluk Kalong, mereka harus belok kiri untuk menuju pasar Sekura.

Pelabuhan Feri menuju Teluk Kalong


Rumah Burung Walet dari Kejauhan

Sungai Sekura ini seperti yang pernah di posting sebelum nya, di tepi sungai ini terdapat rumah burung walet yang tersusun rapi, berdiri megah di sisi kanan dan kiri sungai sekura. Bangunan yang menjulang tinggi ini menjadi penghias pinggiran sungai Sekura. Sementara kala sore hari dan matahari siap - siap untuk terbenam, maka suara - suara burung walet akan menggema membaur bersama suara motor air yang siap mengantarkan penumpang menuju destinasi yang di inginkan.

terlihat matahari yang akan terbenam di tutupi awan


Rumah Burung Walet

Di Sisi Kiri bangunan Rumah walet hanya beberapa bangunan saja, dan jarak nya juga tidak terlalu rapat, beda sama yang berada di sebelah kanan yang rata - rata bangunan nya berdekatan antara satu sama lain, sementara suara burung walet yang memanggil teman - teman nya untuk segera memasuki istana mereka tak pernah lelah, tak pernah henti sehingga malam menjelang.

Rumah Burung Walet di Sebelah kiri pinggiran sungai Sekura


Rumah Burung Walet di sebelah kanan Pasar Sekura

Walaupun pinggiran sungai Sekura di hiasi oleh Rumah - rumah walet yang menjulang tinggi, namun pohon - pohon yang menghijau masih setia menjadi penghias pinggiran sungai ini, menyejukan mata sekaligus memberikan suasana yang lumayan adem, apa lagi ketika angin berhembus mesra, dapat melihat dedunan yang melambai lembut sementara motor air tak kalah melaju melawan arus sungai yang mengalun penuh pesona.

Pasar Sekura terlihat dari depan

pohon khas di setiap pinggiran sungai

Jika ingin Menikmati Pemandangan Istana nya burung walet, di sarankan menggunakan sampan, karena ia bergerak perlahan dan juga ruang yang tersedia cukup nyaman kala ingin mengambil gambar. Dan waktu yang paling enak adalah ketika sore hari yang mana matahari akan segera terbenam, itu artinya bisa menikmati sunset serta suara Burung walet yang riuh memanggil teman - teman nya.
Perahu bermotor yang digunakan oleh warga

Jika ingin menyusuri pinggiran sungai Sekura ini, boleh menyewa sampan yang tersedia disana, sekaligus minta di antarin ketempat - tempat yang banyak berdiri Bangunan Rumah Walet. Semoga ini postingan kali ini cukup membayar janji yang pernah saya berikan sebelum nya. hehehe



Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan


Salam Blogger!


Share on :

20 Responses to Sungai Sekura dan Surganya Burung Walet

  1. Dinwahyu Says:
  2. Masa sih gan, blog saya gak ada kotak komentarnya? Barusan saya bisa koq tulis komentar.

     
  3. Pecidasase Says:
  4. ya benar gak ada............sering berkunjung ke blog kamu tpi setiap mau komen, kolom komentar nya gk muncul... mungkin dipengaturan kolom komentar nya kali tuh

     
  5. IbuDini Says:
  6. Gambar ini diambil dalam keadaan cuaca mendung atau pas sore hari...
    Meskipun sedikit berawan atau berkabut tapi bagus, dan tempatnya menyenagkan.
    Hmmm naik perahu motor....asik , jadi inget waktu kami jalan2 ke pulau subang mas...

     
  7. Pecidasase Says:
  8. Gambar ini di ambil pas sore hari.. pas kebetulan waktu itu barusan turun hujan.. jadi masih menyisakan beberapa awan gelap.. hehheheheheehe

     
  9. Wah, suasananya romantis, o iya, btw soal cuaca yg barusan turun hujan adalah cuaca favorit ane, hehehe, thanks dah share ya...


    Keep Spirit from Fahri's Articles

     
  10. Cerita Tugu Says:
  11. pemandangannya bagus, aku punya paman hlo di pontianak

     
  12. Pecidasase Says:
  13. @Fahri : masa seh sob suasana nya romantis? hehehehehe

    @Cerita Tugu : wah, boleh donk ntar kamu ke pontianak sob...bisa ane tunjukan tempat2 menarik di Kalbar :)

     
  14. sungai sekura indah gan

     
  15. Cerita Tugu Says:
  16. makasih, aku dah follow balik

     
  17. Emang Indah Sungai Sekura.. apa lagi kalo pas Sore.....

    Oke Mas terima kasih udah follow back :)

     
  18. New BerryMor Says:
  19. Karena sahabat orang kalimantan barat ijinkan saya berbicara bahasa melayu :).

    Salam kenal sahabat,ini sungai sekura tu..tepatnye daerah mane ye,saye sangat tertarek dengan ini,karene ini termasuk informasi budaye yang ade di kalimantan barat,saye senang sekali bise bergabong ke blog ini.

    Untuk teman-teman yang baca bahasa saya mohon dimaafkan jika tidak dimengerti,karena saya ingin melempiaskan bahasa yang dipakai kalimantan barat,dan bahasa rata-rata kalimantan barat seperti inilah sahabat hehehe,thanks B4

     
  20. wah... perlu lihat profil dulu neh...apakah anda juga orang kalimantan barat? penasaraaaaaaaaan

     
  21. Bayu Hidayat Says:
  22. sungai sekura. keren uey. pengen gw tuh kesana. adventure gitu bro.

    dulu di citarik gw juga pernah liat sungai yang ada sarang burung walet nya. seru. ramai gitu lah

     
  23. hehehe.. makasih bro......

     
  24. obinhut Says:
  25. Rumah sarang walet udah menjamur sampai kemane2 bos, di gunt0ng, di tanah itam, di Paloh, di samping rumahku (si'an maseh, hohoho...) Sekurak, lanjutkan bos crite tentang daerah yang mantap di sambas tok e !

     
  26. obinhut Says:
  27. MAntap bos hp direk nangkap gambar, pakai hp k ? hp ape ? ase nak cappat juak aku ganti hp tokbeh ! da'an tahan lalu baterainye, mane kamera nye maseh kelas VGA, jadi malas nak ngambek2 foto, (hohoho...jadi ngelantor)

     
  28. Di tempat el pon udah ade juak rumah walet.... tapi di sekurak paling banyak di pinggir sungai nye

    Gambar yang paling atas..pertame dapat dari internet.. selebih nye gambar pake hape jak.. el pakai kamera Nokia, kualitas gambar biasenye tergantung care si penggune gimane motret objek. mulai dari pencahayaan nye, posisi nye, usahakan ngambek gambar dekat usah di zoo,m, mun di zoom jahat gambar nye.. gayee juak pengaturan kamera nye, utk cuace tertentu, pakai lah modus Sunny ke, close up ke dsb :)

     
  29. obinhut Says:
  30. Mantap ! Macam dah pemotret kelas atas, kamera hp ku jak si'an yang giye2 e ! Bile ke ganti. SE tetap menjadi sasaran.

     
  31. mantap ape nye bee... tau pun dari internet tok ee....... heheheh.... katenye Sonny kualitas kameranya rate2 bagus.... tapi el blom suah nyobe.. Nokia jak yg setiee

     
  32. Mimi Chatz Says:
  33. mantap..cantek bang...bile saye kesini ye??

     
.......................................




Translate

PSF

PSF