Salam Blogger!

Beberapa hari ini, mungkin sudah melewati batas satu minggu saya tidak ada memposting artikel, walaupun demikian, itu semua tak bearti saya tidak membaca postingan teman - teman. Saya membaca artikel dari teman - teman, malah mendapatkan " Tugas " dari seorang teman.Sebenarnya sih bukan dari seorang teman, melainkan dari beberapa teman.


Adapun " Tugas " tersebut adalah memposting 1o hal tentang diri saya, namun sebelum nya saya minta maaf kepada teman yang telah memberikan tugas tersebut dan minta maaf juga kepada teman - teman yang lain jikalau membaca postingan ini akan mendapatkan suatu pandangan tersendiri, mungkin teman - teman akan berpandangan bahwa saya ini orang nya Arogan, selfish, tidak menghargai atau menghormati, mungkin ada di antara teman - teman yang akan menghujat atau bahkan membenci. Tapi itu semua tergantung individu masing - masing sajalah.

Di sini saya ingin TEGASKAN bahwa SAYA TIDAK MEMPOSTING 10 HAL TENTANG DIRI SAYA. Kenapa? simple saja jawaban dari saya, saya tidak terlalu menyukai yang nama nya TREND IN BLOG ". Nah udah pada ada yang marah tuh. Sabar donk teman - teman. Setiap orang kan bebas beropini dan berkreasi ya gak? Jadi saya tidak menyalah kan jika trend memposting " 10 Hal Tentang Diri saya " ini telah Membooming. Namun lagi - lagi saya tekan kan disini bahwa saya tidak begitu tertarik untuk menceritakan 10 hal tentang diri saya. Eiiit jangan bilang saya pelit, tapi memang pelit seh...hahahhhahaa.
Banyak blog yang saya kunjungi memposting " 10 Hal tentang Diri saya " kesan saya pertama adalah ya bisa mengetahui tentang diri seseorang itu lah paling tidak, namun di lain sisi, otak saya juga memberontak bahwa yang saya butuhkan BUKANLAH informasi mengenai 10 Hal tersebut, Jujur saja saya katakan bahwa jika saya menemui blog yang menceritakan 10 Hal tentang diri saya atau blog yang memposting hal - hal yang lagi Booming, saya agak menjadi KURANG BERGAIRAH. Seperti beberapa media, yang membahas berita - berita itu mulu sehingga terkadang membuat si pembacanya menjadi jenuh, nah kalo di Blog 10 Hal tentang diri saya kan berbeda. 10 hal tentang diri masing - masing, namun saya kurang dan tidak ingin mengetahui 10 hal tentang orang lain. Ya kurang senang aja menceritakan diri pribadi begitu intinya. Namun Seperti saya katakan sebelum nya, bahwa ini adalah era Demokrasi, setiap orang bebas menulis, bebas berkreasi, iya kan? hehehe. (jangan marah ya?.

Ingat Trend bagi - bagi award? semua udah pada dapat award? udah pada memberi award kepada teman - teman nya? Nah saya termasuk yang mendapat award, namun SAYA TIDAK MEMBERI AWARD, kenapa? ya seperti saya katakan bahwa saya tidak terlalu mengikuti " TREND IN BLOG ". Nah ada yang bilang saya pelit? Angkuh? oke Silakan itu hak masing - masing. Nah pembagian award ini juga membooming beberapa bulan yang lalu, setiap saya blogwalking mampir ke blog yang satu, terdapat yang nama nya " Awards Blogger " nah ke blog yang lain nya, eh malah sama, ke blog lain nya lagi, hasil nya sama, itu membuat saya agak merasa jenuh dan terkesan bosan, kenapa tidak ada yang berbeda? begitulah pandangan saya kala itu, namun seperti biasa, itu Hak Kalian Masing - Masing. Nah sementara saya? Ingin sesuatu yang berbeda, berbeda di tengah - tengah sesuatu topik yang menjadi trend. Itulah diri saya yang mungkin kurang Gaol atau Kuper. Entah lah....

Dan sebelum mengakhiri Postingan ini, saya mohon maaf kepada teman - teman jikalau membaca postingan ini menjadi sedikit terganggu atau menjadi jengkel. Nah 10 Hal tentang diri saya, Anda bisa nilai sendiri dari postingan saya ini. :)



Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan



Salam Blogger!


Salam Blogger!

Setelah kemarin menghadirkan dan menyuguhkan menu yang bikin sobat blogger menjadi ngiler. Yang mana Menu Nasi Goreng dan New Oriental Chicken Spagety & Mocha Float, kini Pecidasase mencoba menghadirkan kembali menu yang tak kalah menarik dan pastinya bisa bikin ngiler. Mau tau menu tersebut? Monggo di lirik kebawah ini :



Menu yang ingin di bahas seperti yang sudah di janjikan di atas adalah " Ayam Penyet ", nah kalo " Ayam Penyet " trus Meet Up " BELETER " itu apa maksud nya? BELETER adalah Komunitas Blogger En Netter Pontianak. Meet Up komunitas ini di laksanakan di salah satu Cafe di Pontianak. Menu yang di santap oleh kami peserta Meet Up adalah " Ayam Penyet " sementara penyejuk tenggorokan adalah " Es Cincau " ( sayang nya gambar nya tidak di jepret )


Ayam Penyet ini di hidangkan bersama nasi putih yang bentuk nya bulat dan di atas nya di taburi bawang goreng. Sementara bagian ayam yang di hidangkan adalah bagian pangkalan paha nya,dan nasi putih yang di bentuk menjadi bulatan ini di pinggirian nya terdapat irisan mentimun dan irisan tomat. Rasa ayam penyet ini lumayan pedas, maklum saja di bagian paha yang di hidangkan ini,terutama di permukaan nya di tutupi dengan sambal cabe yang bikin lidah goyang seribu goyang. Sementara selembar daun sawi yang segar, menjadi alas irisan mentimun dan irisan tomat. Dan tak ketinggalan juga nasi ayam penyet ini di sisipi sayur kangkung yang di oseng.
Sementara untuk harga ayam penyet ini berbagai macam, ada yang 12 ribuan, dan adajuga yang 14 ribuan, semakin harganya naik, bearti pangkalan paha nya ayam penyet ini agak gemuk ketimbang yang 12ribuan. Sementara untuk es cincau ini sekitar 5ribuan saja.


Semoga postingan ini bisa menjadi referensi buat yang membacanya untuk menikmati menu yang tersedia di dalam negeri, khusus nya di Kota Pontianak ini.


Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan



Salam Blogger!




Salam Blogger!

Beberapa hari lalu posting tengan " Nasi Goreng dan Es Tahu ", juga sempat posting beberapa makanan tradisional sambas, seperti Bubur Padas, Kerabu Asam dan Kerabu Jambu, Nah kali ini pun saya ingin membuat teman - teman menjadi ngiler. Pokok nya menu yang di sajikan kali ini juga kagak kalah menarik dah sama yang kemarin - kemarin. Kepengen ngiler? Yukkk kita nikmati santapan kali ini.


New Oriental Chicken Spagety and Mocha Float


Kali ini lidah ini mulai menjamah menu ala - ala modern, lebih tepatnya menjamah menu Western food. Sebenarnya tidak ada rencana untuk menikmati menu western food, namun kedatangan seorang tamu yang mampir ke kost dan kebetulan sang tamu tersebut merupakan teman dekat. Dan keberuntungan saat itu adalah bahwa sang tamu ini ternyata baru saja mendapatkan bonus dari karir yang ia tekuni. Alhasil terjadi lah sedikit " Hipnotis " agar sang tamu yang baik hati ini mau mengurangi isi kantong nya tersebut. Dan " hipnotis " berhasil sehingga meluncur dan mendarat di Pizza Hut.

Ya Berada di salah satu Pizza Hut yang berada di Kota Pontianak ini di sambut dengan hangat oleh waitres nya dan meja yang menjadi pilihan adalah di luar ruangan, karena di luar adalah Area Bebas Merokok, bukan karna si Penghipnotis yang merokok, melainkan si tamu tersebut lah yang merokok. Dan si waitress tersebut yang mengantarkan kami ke Meja yang di pilih adalah sepupu nya si tamu ini. alhasil hanya nyengir sana nyengir sini. Dan Waitress ini lumayan cantik lho :) dan ia pun memberikan Buku Menu dan kemudian berlalu setelah meninggalkan buku menu itu di tangan kami.
Dan menu yang menjadi pilihan saya adalah New Oriental Chicken Spagety. Sementara Minuman nya adalah Mocha Float.

New Oriental Chicken Spagety

Mocha Float

New Oriental Chicken Spagety ini rasanya lumayan enak lah bagi lidah orang desa seperti saya ini, yang mana di Spagety nya ada rasa masam, seperti dicampuri rasa jeruk nipis, sementara di pinggiran nya spagety ini terdapat daging ayam, yang lumayan lembut, terbukti dengan satu kali potongan menggunakan pisau yang ada lansung terpotong dan bergeleriya di dalam rongga mulut, menyatu dan bergulat dengan lidah anak desa ini.

New Oriental Chicken Spagety

Selain rasa ayam nya yang lembut dan sedikit manis, rasa asam spagety nya menjadi kolaborasi yang tepat dengan daging ayam ini yang manis di tambah dengan Mocha Float nya yang lumayan Seger bikin lidah goyang heboh!
Mocha Float ini lebih kental, seperti Jus buah begitu. Dan dipermukaan Mocha Float ini di kasih seperti serbuk yang saya juga tidak tau apa namanya, namun ia seperti sebuah busa.

New Oriental Chicken Spagety

Mocha Float

Sementara harga untuk Menu ini lumayan menggugat kantong juga, Sebut saja untuk menu yang saya pilih ini, New Oriental Chicken Spagety ini harganya Rp.33.636. Sementara menu penyejuk tenggorokan ini, Mocha Float harganya Rp.16.364. Nah bila ingin menyantap menu ini bersama rekan - rekan Kuliah, kerja atau sebagainya, Dompetnya harus lah tebal. Karna selain membayar makanan, ternyata pajak restoran juga di bebankan kepada pelanggan. Untuk pajak restoran yang kami harus bayar ketika itu adalah Rp.9.909. Kenapa saya begitu hafal terhadap harga dan pajak restoran tersebut? ya tinggal melirik Kwitansi Pembayaran nya saja :). Tertarik untuk menyantap nya?
Mau Nyoba?


Oke deh, sekian dulu aja postingan nya, ntar banyak yang ngileeer :), kalo ada yang tertarik untuk menyantap New Oriental Chicken Spagety ini, ajak saya aja deh ya? :D


Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan




Salam Blogger!


Salam Blogger!

PecidasaseInfo : Pontianak, 14 Juni 2011 : 11: 12 am.

Pontianak, Di Jalan Adi Sucipto, terjadi kemacetan, di karenakan tumbang nya dahan pohon yang menimpa sebuah truk. Pohon yang berdiri di pinggir jalan adis sucipto ini cukup besar, menurut informasi warga sekitar, dahan pohon tersebut menimpa badan truk yang lagi melintas. badan truk yang tertimpa dahan pohon ini seperti menjadi penyangga pohon tersebut agar tidak jatuh ke jalan, sehingga pengguna jalan melintas dengan menundukan kepala di bawah pohon yang tertahan oleh sebuah truk tersebut.



Dahan pohon yang tumbang tersebut melintang di tengah jalan, namun truk yang tertimpa dahan tersebut menjadi pahlawan bagi pengguna jalan lain nya yang melintas di jalan Adi Sucipto tersebut, truk menjadi penyangga di ujung dahan tersebut, namun didekat pangkal dahan pohon yang patah itu lah yang kebanyakan pengguna jalan gunakan untuk melintas, dan ini sangat berbahaya.

Di Sekitar lokasi tidak terlihat pengawasan atau pengamanan dari pihak - pihak yang berwajib, hanya saja beberapa warga dengan warga lain nya bergotong royong membantu agar kondisi arus jalan tidak terlalu parah mengalami kemacetan.

Sekian Informasi yang di sampaikan hari ini, semoga bermanfaat bagi pengguna jalan yang ingin melintas di jalan Adi Sucipto.



Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan


Salam Blogger!




Salam Blogger!


Kali ini kembali berulah, sepertinya tidak kapok - kapok nya membuat orang lain harus menahan suatu rasa yang sangat menyebalkan, namun tidak apa - apalah jikalau saya mendapat gelar " Si Menyebalkan ", toh ini benar - benar menyebalkan! Menyebalkan namun membuat suatu rasa ingin menikmati, seperti apakah rasa itu? hmmmm... mari kita telusuri bersama - sama aja deh.


Perjalanan Pulang Ke Sambas tercinta rasanya tidak lah komplit kalo tidak mengisi perut di rumah makan yang tersedia di beberapa tempat yang di lewati. Bisa saja mampir di Mempawah, Singkawang, Selakau, Pemangkat atau dimana saja lah yang menurut seseorang itu kepengen mengisi perut mereka masing - masing.

Nah bagi saya yang ingin mengisi perut yang lagi lapar akibat perjalanan yang lumayan jauh ya sekitar 8 jam gitu lah, saya lebih memilih tempat makan yang pastinya Kehalalan nya terjamin ya supaya makanan yang kita santap itu mendapat berkah dari yang Maha Kuasa tentunya. Salah satu nya adalah Menikmati " Nasi Goreng Atik Bakso ".

Atik Bakso adalah sebuah nama rumah makan di Pemangkat tepatnya di Jalan Pembangunan no.42. Atik bakso ini sebenarnya bukan lah rumah makan yang hanya menyedikan menu Bakso doank, melainkan berbagai menu lain nya, sebut saja Nasi Goreng, Bakso Setan,Mie Goreng dan berbagai menu lain nya yang kebanyakan saya lupa namanya, karna nama makanan nya pada aneh - aneh semua. Namun untuk Minuman nya bisa pesen Es Jeruk nipis, es Tahu, dan sebagai nya.
Namun saya ketika berkunjung ke Rumah makan ini adalah selalu memilih menu " Nasi Goreng " yang mana Nasi goreng nya lumayan enak dan bisa bikin perut kenyang, karna porsi yang ia sediakan lumayan banyak. Sementara sebagaiPenghilang rasa dahaga saya lebih memilih Es Tahu, di karenakan banyak mengandung protein yang tinggi juga.

Nasi Goreng yang Menjulang Tinggi

Es Tahu sajalah, simple namun enak


Nasi goreng ini di bikin berbentuk Kerucut yang menjulang tinggi, sementara di pinggiran nya di kasih berbagai asesoris. Asesoris?? aneh kan? sebenarnya di pinggiran nya di kasih Ayam Bakar seh, beberapa Sate dengan tusuk nya yang lumayan gede, juga di lengkapi dengan kerupuk, sedikit mentimun dan sawi, juga di berikan sambal kacang tanah dan ikan teri. Sementara Nasi Goreng nya ini di kombinasikan dengan Daging sapi yang di potong - potong kecil dan sedikit potongan - potongan kecil ayam. Nasi Goreng ini lebih mengedepankan Daging ketimbang sayur - sayuran. Bila makan Nasi Goreng ini cukup mengenyangkan di karenakan banyak nya campuran bahan - bahan tambahan di nasi goreng ini. Sementara Minuman yang menjadi Peneman kala menyantap Nasi Goreng ini adalah Es Tahu, yang ukuran gelasnya juga lumayan gede. Cukup lah buat menghilangkan rasa haus. Dan harga untuk Nasi Goreng dan Es Tahu ini kesemuanya berjumlah 17 Ribu rupiah saja. Dengan harga sedemikian sudah dapat menikmati enak nya Nasi Goreng Atik Bakso ini.

ada ayam bakar dan sate nya juga lho

segelas Es Tahu


Rumah makan ini buka dari pagi sampai malam kok, sampai malam jika stok makanan nya masih ada, hehehe, maklum banyak juga yang berkunjung untuk menikmati menu kuliner di sini, dan Rumah makan ini letak nya berada di pinggir jalan, sementara di samping rumah makan ini berdiri pohon besar sebagai penaung rumah makan ini. pengunjung bisa bisa memilih meja di depan yang menghadap ke jalan atau memilih meja di belakang yang berada di dalam ruangan. Rumah Makan ini tidak jauh dari Kantor Polsek Pemangkat atau SPBU pemangkat jika dari Pontianak menuju Sambas dan berada di sebelah kiri.
Jadi bagi yang berkunjung ke Sambas, boleh lah kiranya mampir dan menikmati menu di Rumah Makan Atik Bakso.

Maaf.. Saya tidak di bayar kok untuk mempromosikan Rumah Makan tersebut, hanya saja saya kepengen berbagi tempat yang enak untuk menikmati kuliner. hehehehe.


Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan




Salam Blogger!





Salam Blogger!

Beberapa waktu yang lalu telah memposting tentang " Sungai Sekura, Surganya Burung Walet ", nah seperti janji saya kemarin yang akan memposting tentang sungai sekura, maka kali ini saya berkeinginan untuk membahas tentang sungai sekura lagi, namun bahasan kali ini tidak lah selengkap yang kemarin, karna tentang sungai sekura bisa di baca di sini juga.


Sungai Sekura merupakan jalur penting yang menghubungkan antara Desa Sepadu dengan Desa Sekura dan Teluk Kalong. Jika Dari Kota Pontianak atau Sambas dan ingin Menuju Paloh atau Desa Sekura, haruslah menyebrang melalui sungai sekura ini, yang mana jika ingin menuju teluk kalong atau arah Paloh bisa menggunakan fery atau Sampan. Sementara untuk yang menuju pasar Sekura, biasanya bisa melewati Perahu atau Motor air. Namun jika ingin menuju Sekura tetapi mengendarai Mobil, salah satu nya adalah harus menggunakan Jasa Penyeberangan Feri yang mana jika sudah sampai di Teluk Kalong, mereka harus belok kiri untuk menuju pasar Sekura.

Pelabuhan Feri menuju Teluk Kalong


Rumah Burung Walet dari Kejauhan

Sungai Sekura ini seperti yang pernah di posting sebelum nya, di tepi sungai ini terdapat rumah burung walet yang tersusun rapi, berdiri megah di sisi kanan dan kiri sungai sekura. Bangunan yang menjulang tinggi ini menjadi penghias pinggiran sungai Sekura. Sementara kala sore hari dan matahari siap - siap untuk terbenam, maka suara - suara burung walet akan menggema membaur bersama suara motor air yang siap mengantarkan penumpang menuju destinasi yang di inginkan.

terlihat matahari yang akan terbenam di tutupi awan


Rumah Burung Walet

Di Sisi Kiri bangunan Rumah walet hanya beberapa bangunan saja, dan jarak nya juga tidak terlalu rapat, beda sama yang berada di sebelah kanan yang rata - rata bangunan nya berdekatan antara satu sama lain, sementara suara burung walet yang memanggil teman - teman nya untuk segera memasuki istana mereka tak pernah lelah, tak pernah henti sehingga malam menjelang.

Rumah Burung Walet di Sebelah kiri pinggiran sungai Sekura


Rumah Burung Walet di sebelah kanan Pasar Sekura

Walaupun pinggiran sungai Sekura di hiasi oleh Rumah - rumah walet yang menjulang tinggi, namun pohon - pohon yang menghijau masih setia menjadi penghias pinggiran sungai ini, menyejukan mata sekaligus memberikan suasana yang lumayan adem, apa lagi ketika angin berhembus mesra, dapat melihat dedunan yang melambai lembut sementara motor air tak kalah melaju melawan arus sungai yang mengalun penuh pesona.

Pasar Sekura terlihat dari depan

pohon khas di setiap pinggiran sungai

Jika ingin Menikmati Pemandangan Istana nya burung walet, di sarankan menggunakan sampan, karena ia bergerak perlahan dan juga ruang yang tersedia cukup nyaman kala ingin mengambil gambar. Dan waktu yang paling enak adalah ketika sore hari yang mana matahari akan segera terbenam, itu artinya bisa menikmati sunset serta suara Burung walet yang riuh memanggil teman - teman nya.
Perahu bermotor yang digunakan oleh warga

Jika ingin menyusuri pinggiran sungai Sekura ini, boleh menyewa sampan yang tersedia disana, sekaligus minta di antarin ketempat - tempat yang banyak berdiri Bangunan Rumah Walet. Semoga ini postingan kali ini cukup membayar janji yang pernah saya berikan sebelum nya. hehehe



Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan


Salam Blogger!


Salam Blogger!

Kali ini hanya sedikit berbagi pengalaman ketika pulang kedesa tercinta. Yang mana perjalanan pulang dari Pontianak Menuju Semayong kala itu sekitar 10 jam, ya mengendarai motor dengan kecepatan 50Km saja, jadi perjalanan yang di tempuh juga lumayan lama.


Mulai meninggalkan Kost pada jam setengah delapan yang mana seperti biasa sebelum pulang, harus mengganti oli dulu, setelah itu baru isi bensin. Dengan suasana jalanan yang lumayan sepi di karenakan masih pagi dan hari itu adalah hari libur, maka tidak mengalami yang nama nya kemacetan. Perjalanan melewati beberapa kota di Kalimantan Barat, seperti Mempawah, Singkawang, Pemangakat dan kota - kota lain nya. Nah perjalanan panjang ini juga memerlukan waktu istirahat dan mengisi perut pastinya. Nah untuk istirahat saya memilih Rumah makan di pasir panjang sebagai tempat istirahat, namun tidak menyantap suatu apa pun di sana, sementara untuk mengisi perut saya lebih meilih di Pemangkat, tepatnya di Atik Bakso. Dan yang saya nikmati kala itu di Atik Bakso adalah Nasi Goreng beserta Es Tahu.




Setelah Selesai mengisi perut, perjalanan pun di lanjutkan menuju desa tercinta, dan sekitar jam 4 sore, telah sampai di Tanjung katat, yang artinya harus menyeberang lagi supaya bisa sampai ke Pasar Sekura, dan jasa penyebarangan yang ku pilih adalah menggunakan sampan atau perahu bermotor.


Sembari menyebrang menggunakan sampan, dapat juga menikmati pemandangan di pinggiran sungai Sekura. masih berdiri kokoh rumah - rumah burung walet, masih dapat juga menyaksikan matahari yang mulai terbenam. Dan sekitar 10 menit akhirnya telah sampai juga di Pasar Sekura dan Biaya yang harus di keluarkan untuk jasa penyeberangan menggunakan sampan ini adalah seperti biasa yaitu 7 ribu rupiah saja.

Setelah sampai di pasar sekura, perjalanan di teruskan menuju desa tercinta yaitu desa semayong, sementara matahari pun mulai beranjak untuk beradu, dan jalan yang di pilih untuk menuju desa tercinta adalah melalui jalan Bogam yang mana agak jauh kalau di bandingkan lewat sekura barat. Namun karna jalan bogam kondisi jalan nya lebih bagus makanya di menjadi alternatif sebagai jalan menuju desa tercinta.


Sesampai di rumah sekitar jam lima lewat, dan seperti biasa, bersih - bersih kamar, dan mandi. Perjalanan yang jauh tidak terlalu melelahkan, mungkin karna sudah sampai di desa tercinta, ketemu keluarga dan rasa lelah pun hilang.

Jum'at 3 Juni 2011

pagi nya lumayan cerah, melirik kesamping rumah terdapat beberapa pohon rambutan yang sudah berbunga yang artinya sebentar lagi akan musim buah rambutan. Sementara di belakang rumah terdapat pohon sirsak yang sudah berbuah, namun buah nya masih belum matang dan masih hijau.
Buah Sirsak atau Buah Nangka Belanda ( bahasa sambas )

Sementara di belakang rumah lagi nya terdapat Kebun Semangka yang sedang berbuah, semangka ini terlihat subur dan baru saja berbunga dan beberapa di antaranya juga sudah berbuah, namun buah nya masih kecil.
Kebun Semangka

Buah semangka yang masih kecil


Siang nya Jumat, seperti biasa mampir ketempat mama' yang mana tempat mama' ini berada dekat pematang sawah, dan lagi - lagi kali ini menikmati Manisnya Jambu merah, sekaligus menikmati Kerabu Jambu Merah yang di masak oleh mama' sendiri :)
Jambu Merah

Kerabu Jambu

Selesai Menikmati Jambu Merah dan Kerabu Jambu, siang nya pun saya harus menikmati Buah semangka manis yang merah merona. Daging nya yang merah dengan rasa nya yang manis serta kandungan air nya yang lumayan banyak menghilangkan rasa haus sekaligus mengenyangkan.

Sepotong Semangka



Setelah selesai makan semangka, aku mencoba lagi melihat kebun yang berada di belakang rumah kakak yang mana selain kebun semangka, terdapat juga kebun mentimun.
Buah Mentimun yang masih Kecil

Mentimun


Semangka belang - belang

semangka putih


Setelah puas melihat - lihat kebun semangka dan mentimun, sebelum magrib saya pun pulang kerumah bapak yang mana sekitar 20 menit sudah sampe kerumah.



Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan




Salam Blogger!


Salam Blogger!

Setelah beberapa hari vakum ngeblog dengan alasan untuk fokus pada persiapan sidang membuat hati sedikit gusar. Jari terasa gatal bila tidak menyentuh keyboard, sementara ide yang ada tertampung dan membludak di benak. Dan kesempatan kali ini ternyata ide dan jari menjadi akur dan kompak antara satu sama lain, mengalir mengikuti ritme detakan keyboard yang mengalun mesra. Dan alunan mesra tersebut membentuk suatu cerita atau kisah yang dapat di lihat di bawah ini :


Desa Semayong adalah sebuah Desa yang terletak di Kabupaten Sambas, Sebenarnya nama Desa ini adalah Desa Sungai Kumpai, dan Semayong adalah Dusun. Namun masyarakat setempat atau warga dari desa lain sering memanggil Dusun semayong dengan nama Desa Semayong. Mayoritas Penduduk Semayong berprofesi Petani, yang mana mereka bertani satu tahun satu kali. Dan Suku Penduduk Desa Semayong adalah Suku Melayu dan otomatis agama nya juga Islam, makanya jikalau Lebaran Idul Adha ini sama - sama meriah seperti Idul Fitri layak nya. Desa semayong kental dengan adat tradisi nya terutama yang bersifat sakral, sebagai contoh Tepung Tawar yang merupakan adat menyambut kelahiran seorang anak.
Selain Kental dengan adat tradisi, masyarakat disini juga memiliki kebiasaan yang unik, yaitu sehabis panen padi, mereka kompak berkebun Semangka dan Mentimun serta kacang - kacangan, tak heran jika setelah musim panen padi selesai, warga setempat berduyun - duyun berkebun semangka di lahan bekas padi atau juga berkebun di tanah gambut.

Kebun Semangka Warga


Buah Semangka Hasil dari Kebun Warga

Selain Bertani, masyarakat setempat juga berkebun karet yang mana menyadap karet biasanya di lakukan di pagi hari. Waktu nya tergantung individu, ada yang memulai jam 2 pagi dan ada juga yang mulai jam 7 pagi. Setelah mereka selesai menyadap karet, sore nya mereka bertani. Begitulah rutinitas mereka sehari hari.

Perjalanan Pulang ke Desa tercinta, Desa Semayong yang berada di Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas ini sebenarnya di rencanakan akan pulang pada tanggal 9 Juni nanti, namun akhirnya pulang ke desa tercinta adalah pada hari Kamis 2 Juni yang lalu, perjalanan pulang ke desa tercinta di mulai tepat pukul setengah delapan yang mana sebelum berangkat, harus pergi ke bengkel motor dulu, ganti oli dan baru berangkat, tidak lansung isi premium karna sebelum nya sudah di isi.


Perjalanan yang lumayan jauh ini memakan waktu sekitar 10 Jam. Setelah melewati beberapa kota seperti Kota Singkawang, Pemangkat dan Sambas, akhirnya sampai juga di Sekura, sementara Matahari mulai sedikit redup. Dari sekura ke Semayong hanya memakan waktu sekitar 20 Menit dan itu pun kalau cuaca lagi bagus yang mana Cuaca bagus berpengaruh pada jalan yang di akses.
Jalan Menuju Semayong dari Bogam





Desa Semayong ini bisa di akses melalui jalan air maupun darat, jika menggunakan jalan air bisa di lewati menggunakan sampan dan jalan air biasanya di gunakan ketika lagi musim penghujan yang mana jalan darat nya susah di akses karena becek.

Kondisi Jalan di RT 3

Jalan untuk masuk ke desa Semayong ini bisa di lewati dengan dua arah, yang pertama dari arah Sekura Barat yang mana sekitar 2 km perjalanan yang mana melewati jalan batu yang rencana akan di jadikan jalan aspal, namun sejak tahun 2008 sampe sekarang jalan nya masih saja seperti itu. Sementara di sepanjang pinggiran jalan ini tidak ada di temui rumah warga, hanya ada kebun salak dan kebun karet saja. begitu pula kalau melewati jalan dari Desa Bogam tidak ada juga rumah warga, hanya saja sawah yang membentang luas menghiasai pinggiran jalan tersebut.


Setelah Sampai ke desa Semayong, harus melewati jalan semen yang kecil dengan kondisi yang rusak parah, sehingga yang terlihat bukan lah jalan semen melainkan perpaduan antara jalan tanah dan semen, dan jikalau hari hujan, para warga yang melewati jalan ini akan kesulitan, butuh perjuangan yang keras, karna tekstur tanah nya yang lengket pada ban Motor dan sepeda membuat ban sepeda atau motor tidak bisa berputar. Jalan ini hanya bisa di lewati menggunaakan Sepeda atau Motor saja.

Kondisi Jalan di RT 6

Selain Jalan nya yang rusak yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat, tiang listrik di tengah - tengah jalan juga dapat di jumpai disini. Yang mana sangat berbahaya bagi warga setempat, namun karna sudah terbiasa dengan kondisi jalan yang becek serta tiang listrik di tengah jalan, hal - hal yang tidak di ingini bisa terhindari,

Tiang Listrik di Tengah - tengah Jalan


Kondisi Jalanan yang Rusak seperti ini sangat memerlukan perhatian dari pemerintah setempat, akses untuk menuju Pasar Sekura sering begitu sulit ketika musim penghujan, jalan licin, berlubang, dan berlumpur menjadi satu, kondisi jalan seperti ini sejak saya SD sampe sekarang masih saja terlepas dari perhatian pemerintah setempat, berbagai upaya yang di lakukan oleh Kades dan jajaran nya untuk memperbaiki kondisi jalan ini, namun sepertinya pemerintah lebih di sibukan dengan pembangunan jalan di daerah - daerah lain.




Kondisi jalan yang rusak ini di harapkan segera mendapat perhatian pemerintah setempat sehingga aktivitas warga untuk menuju pasar sekura menjadi lancar dan dapat mendistribusikan hasil dari kebun dan pertanian mereka.



Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan



Salam Blogger!


.......................................




Translate

PSF

PSF