Salam Blogger!


Hari ini, cuaca lumayan bersahabat, di tambah dengan hembusan angin yang sepoi - sepoi menambah lagi semangat untuk menulis. Membayangkan duduk menghadap Meja, sembari sepuluh jari melakukan tarian eksotis di atas Keyboard, pandangan mengarah ke depan, yang mana lautan menghampar luas dengan butiran - butiran pasir menggoda penuh hasrat, deburan ombak yang menyapa mesra, sementara suara nyanyian dedaunan kelapa menambah lagi jiwa muda untuk terus merangkai kata. Nah pada penasaran kan? dimana seh saya sekarang ini? yuk kita intip di bawah ini :


Kali ini saya ingin berbagi seputar keindahan Pulau Selimpai. Pulau Selimpai? Ya benar, pulau Selimpai.Setelah Kemarin Memposting tentang " Pantai Temajuk Sebagai Salah Satu Objek Wisata Kabupaten Sambas " yang mana berlokasi di Kecamatan Paloh, Kini saya juga akan menceritakan keindahan - keindahan yang di miliki oleh Pulau Selimpai yang juga berlokasi di Kecamatan Paloh.
Pantai Selimpai Dari kejauhan




Pulau Selimpai adalah pulau yang terletak di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh yang memiliki keindahan Pantai nya dengan luas Pantai 200 ha. Pulau Selimpai ini jarak tempuh nya sekitar 7 km dari ibukota Kecamatan Paloh dan 80 km dari pusat Ibukota Kabupaten Sambas. Yang mana dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 hingga di Dusun Setinggak, kemudian menyeberangi Sungai Paloh menggunakan kapal motor selama 20 menit menuju ke Pantai Selimpai. Sementara untuk memasuki Pulau Selimpai adalah gratis, namun untuk sampai kesana ya haruslah sewa Spead boat atau Perahu Motor dan bisa juga minta di antar tapi dengan tarif tertentu pastinya.
Dermaga di Pantai Selimpai

Pulau Selimpai ini terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas. di Sisi selatannya hingga ke bagian barat berbatasan dengan laut Natuna, sedangkan di sisi utaranya membentang ke timur dikepung oleh Sungai Merabau. Makanya setiap mereka yang mampir ke sini, akan menjumpai aneka pemandangan; ada hutan pinus, pantai, laut dan sungai. Dari kejauhan terlihat Tanjung Datuk, yang merupakan kawasan berbatasan Malaysia.



Pulau Selimpai ini sebenarnya adalah merupakan tempat penakaran penyu untuk di lindungi agar tidak punah. Jadi pulau ini di jaga agar tidak ada manusia yang mengganggu penyu-penyu yang ada disini. Pulau Selimpai yang ini memiliki Berbagai beberapa Spesies Penyu, menurut catatan Satgas Pantai Selimpai dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Paloh, ada empat jenis penyu yang ada di Pulau Ini yaitu :

1. Penyu hijau
2. Penyu sisik
3. Penyu lekang
4. Penyu belimbing (hanya sesekali pindah)

Penangkaran Penyu



Penyu yang termasuk ke dalam hewan langka, naik kepantai untuk bertelur pada malam harinya, Oleh karena itu jika pengunjung kepengen melihat penyu, maka di sarankan untuk menginap di Pulau Selimpai, dan Pokdarwis juga telah berinisiatif membangun tempat penangkaran di Selimpai.



Pulau Selimpai masih belum memiliki tempat penginapan khusus buat pengunjung, namun jangan kuatir, pengunjung bisa mendirikan tenda di antara jajaran pohon pinus yang menghijau bersama rerumputan yang siap membelai mesra pengunjung yang ada.

pohon Pinus dengan rerumputan hijau



Pulau Selimpai ini yang menawarkan keindahan pantai nya beserta pohon - pohon cemara yang menjulang tinggi tersebut tertata rapi sehingga membentuk suatu keindahan tersendiri yang di padankan dengan rerumputan yang hijau, membuat sejuk bagi yang memandang nya. Sungguh pemandangan yang indah, sementara jika di sore hari nya pengunjung dengan leluasa nya bisa menikmati sunset atau di pagi hari ya pastilah terbitanya matahari (sunrise ) yang dapat di nikmati sembari berjoging di pantai yang indah ini.



Sumber Gambar :
Di Sini
Di Sini Juga
Dan Di Sini Juga
Semoga dengan ada nya postingan ini bisa kira nya menjadi referensi buat teman - teman yang mana mencari pemandangan yang eksotis, maka Pulau Selimpai lah yang saya recomend kan buat teman - teman semua. Adapun gambar - gambar tersebut adalah hasil dari browsing yang mana di dapatkan dari berbagai sumber. Terima kasih buat teman - teman yang telah memposting tentang Pulau Selimpai sehingga bisa menjadi sumber buat saya menulis semua ini.


Maaf bila ada kata - kata yang salah, bila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan, oke cuy?
Sekian dan Terima Kasih.
Wassalam
Tertanda Eel Eliyanto Kaudan


Salam Blogger!




Share on :

25 Responses to Pulau Selimpai Yang Penuh Pesona Alam

  1. DewiFatma Says:
  2. Ya amppyuuuunn... Keren banget yak! Pengeeeeeeennn banget ksana, berkemah dibawah pohon pinus sambil bakar jagung, main gitar.. uh..uh..uh...

     
  3. tertarik mau kesana? hehehhehe.....Siapin Tenda gan...Memasang tenda di bawah pepohonan pinus wow...pasti menarik...Sementara malam hari nya bisa bakar jagung tepi pantai..asyiiiik

     
  4. Ardian Bumi Says:
  5. wah.. Penyu nya tuh. Kerent. :-)

     
  6. RUZH Says:
  7. wah keren bgt nih gan tempatnya,,,ntar kalo ada waktu ane coba kesana dah

     
  8. baru tahu tempat ini, tapi yg ku liat..bagus dan indah...hmm

     
  9. urang kapuas Says:
  10. mantap sekali mas, indah sekali . . .kelihatannya terkelola dengan baik.saya malah baru dengar Pulau Selimpai, nanti cari digoole dimana letaknya. kalau peta buta kurang sreg, jika di lihat digoogle tahu letaknya. oke siiip

     
  11. iam Says:
  12. bener2 gak ada dua nya deh tempatnya, pemandangan bagus, penduduk setempat pasti bangga :)

     
  13. all : Pulau Selimpai adalah Pulau yang juga dekat dengan perbatasan Malaysia Gan!

     
  14. Asyik!! Ane pengen ketemu sama penyu, bakal seru nih....

    salam sahabat dari Fahri's Articles

     
  15. warsito Says:
  16. wow ane takjub gan dengan pemandangan alam yang begitu indah

     
  17. woowwwww
    bang keren2 tuh ada penangkaran penyu, really excited.
    trus saya jg blum pernah k kalimantan..
    smoga ada umur buat berkunjung ksana..

    oh iya, trimaksih kunjungannya ke Bogor yaa..
    salam kenal bang..

     
  18. Sama seperti di Derawan ya,, ada penyunya juga... melihat gambarnya,, sepertinya karakteristiknya sama dengan pantai-pantai di Kaltim....

     
  19. Fahri Samudra : mau ketemu ya? silakan kesana gan..hohohooh

    warsito : ya mas, karunia tuhan yang harus kita jaga..

    tito Heyziputra : Semoga nanti bisa kekalimantan deh...sekalian ane temankan melihat keindahan kalimantan barat..hehhehe
    Salam kenal juga buat kamu

    Blog Keluarga Keuangan : Mungkin juga sob...masih belom pernah ke Derawan juga....

     
  20. Ladida Cafe Says:
  21. Indonesia punya banyak tempat menarik yah :D

    maaf OOT, sekalian saya follow :)

     
  22. Memang punya banyak tempat yang menarik..Bukan kah indonesia Zambrut nya Khatulistiwa? hehehhehe

     
  23. Wah pamtai pasir putihnya & pemandangannya bagus banget sob.....

     
  24. mantaf kan?? hehehhehe..yuk kita kesana gan.............

     
  25. bali beach Says:
  26. wwwwoowww... it's so beatiful beach
    we have to save sea turtle

     
  27. KOTAK MIMPI Says:
  28. Awesome view, keren banget bro,,,romantis lagi cmiww,,,tapi kok agak spooky ya suasananya

     
  29. Pemandangan Pulau Selimpai amat indah penuh pesona. Masih sangat alami. Potensi wisata alam yang perlu dikembangkan oleh pemerintah daerah bersama dengan masyarakat. Disamping itu perlu terus upaya pelestarian Penyu sebagai hewan langka yang harus dilindungi dari kepunahan. Trims infonya yang menarik. Salam blogger.

     
  30. hehehe..sangat menarik untuk di kembangkan...Indonesia kaya kog dg keindahan alam nya, sayangnya pemerintah terkadang tidak melirik potensi ini

     
  31. Anonymous Says:
  32. om pak bang saya ijin copas ya .. artikel yang bagus ini ... mkasih sblumnya

     
  33. silakan..tapi jangan lupa, di cantum kan sumber nya.. hehehhehee

     
  34. Anonymous Says:
  35. Wuih saya dah sampai sambas gak mampir, sayang neh. thanks artikelnya, coba dah baca sebelum kesana.....

     
  36. Kebetulan saya pernah ke pantai Selimpai ini,Mutusan,malah sampai ke Pantai temajok sana (karena 2 th tugas di Liku,Paloh),memang indah dan bagus,malah sampai sekarang foto2 masih saya simpan,......

     
.......................................




Translate

PSF

PSF